Foto: Belajar Produktif (Lia Adelia) 

Liburan semester merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh banyak mahasiswa. Liburan ini menjadi puncak bagi mahasiswa setelah mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) dan menyelesaikan kepentingan belajarnya di semester itu. Di Universitas Tidar, liburan semester ganjil kali ini berlangsung sekitar satu bulan, yang dapat dikatakan sebagai waktu yang cukup untuk sekadar beristirahat. Tidak lengkap rasanya jika kita hanya memanfaatkan waktu berlibur untuk sekadar istirahat saja. Meskipun yang paling utama adalah mengistirahatkan pikiran, fisik, dan mental, tetapi kita juga bisa memanfaatkan liburan dengan kegiatan yang positif agar tetap produktif selama liburan. Kegiatan apa sajakah itu? 


Kegiatan yang pertama adalah mengikuti kegiatan volunter atau magang di sejumlah bidang yang tersedia. Bagi sejumlah mahasiswa, mungkin kegiatan ini sudah tak asing lagi. Namun bagi yang belum tahu atau belum pernah mencoba, mungkin kegiatan ini bisa mulai dilakukan di masa liburan seperti ini. Banyak kelompok atau organisasi yang membuka pendaftaran volunter baik di waktu liburan maupun tidak. Selain itu, ada juga sejumlah lowongan magang yang dibuka bagi para mahasiswa yang berminat untuk menjadi bagian dari tim mereka untuk beberapa bulan ke depan dengan sejumlah seleksi yang harus diikuti. Kita bisa update informasi melalui media sosial untuk mengetahui informasi pendaftaran tersebut. Ada banyak sekali program magang yang bisa kita jumpai. Kita hanya tinggal memilih dan menyesuaikan dengan apa yang kita minati. Tak perlu khawatir soal biaya ataupun jarak, karena mayoritas kegiatan volunter dan magang sekarang ini bisa dilakukan secara online.


Selain mengikuti program volunter atau magang, kita juga bisa mendalami hobi kita dengan mengenali potensi diri dan membuat potensi itu sebagai peluang baru. Sebagai contoh, bagi yang suka menulis, maka bisa dimulai dengan mempelajari cara yang baik dan benar untuk menulis, mencari referensi terkait tulisan yang disukai, menantang diri untuk menulis dengan mengikuti lomba menulis, dan sebagainya. Tidak melulu tentang hobi kita, kita juga bisa memanfaatkan waktu dengan mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan. Dengan ini, siapa tahu ada potensi baru yang kita miliki dan bisa dikembangkan.


Selanjutnya, bagi yang ingin berlibur tetapi tetap bisa menghasilkan uang, kita bisa mulai melakukan bisnis online ataupun kerja paruh waktu. Lakukan sesuatu yang berkelanjutan dan mulai dari sekarang. Misal kita ingin berbisnis online selama liburan, maka mulailah dari sekarang dan terus konsisten sehingga bisa memperoleh hasil secara maksimal. Banyak bisnis online yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, seperti berjualan online, menjadi reseller, menjadi marketing team untuk suatu bidang, dan masih banyak lagi. Itu semua tergantung dari bagaimana kita mencari informasi dan rasa ingin mencoba yang tinggi. Namun perlu diingat, karena maraknya kasus penipuan online atau bisnis yang merugikan orang lain, maka kita harus bijak dalam memilih bisnis seperti apa yang baik dan cocok untuk dilakukan.


Terakhir, yang tak kalah penting adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti perkuliahan di semester berikutnya. Liburan bukan berarti libur untuk belajar. Sebagai mahasiswa, kita juga harus memiliki kemampuan menyusun waktu yang baik dalam segala hal termasuk untuk kepentingan kuliahnya. Banyak hal yang bisa dipersiapkan untuk mengikuti perkuliahan di semester berikutnya agar lebih siap dan tidak kewalahan nantinya. Kita bisa mulai mempersiapkan mental, mempersipkan peralatan kuliah, mempersiapkan materi, dan sebagainya. Intinya, persiapkan diri sebaik mungkin agar lebih siap menghadapi banyak hal yang akan datang di masa depan. 


Itulah pembahasan terkait kegiatan positif selama liburan semester yang bisa kita lakukan agar tetap produktif. Harapannya kita semua mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita dan mempersiapkan banyak hal yang akan dihadapi ke depannya. (LA/MF) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama