Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Rabu, 29 Maret 2017

Candi Borobudur


Sumber: Google.
Candi Borobudur merupakan sebuah candi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Didirikan sekitar tahun 800 Masehi, Candi Borobudur menjadi candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Selain itu, Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terbanyak di dunia yang sangat indah dan stupa besar yang terletak di puncak bangunan.
           Candi Borobudur merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah. Jika kita berziarah, kita masuk melalui sisi timur memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam. Pada perjalanan ini kita berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga dengan menyaksikan pemandangan relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.
         Setiap harinya Candi Borobudur tidak pernah sepi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Hal tersebut lumrah terjadi karena candi megah ini menyuguhkan pemandangan tiada tara. Melalui bangunan stupa dan relief-reliefnya yang menyimpan banyak misteri menarik minat pengunjung untuk mendatanginya. Jika kita berkunjung di lokasi candi ini maka jiwa pun terasa tentram dan nyaman karena kesejukan udara dan angin yang berhembus sepoi-sepoi.
            Menurut bukti-bukti sejarah, fungsi Candi Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan pada tahun 1814. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan, dan atas upaya pemerintah Republik Indonesia dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. (AR)

    

Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com