UNTIDAR – Himaprodi PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Universitas Tidar sukses menyelenggarakan lokakarya kepenulisan dengan tema “Mengulik Sastra Sarana Menuangkan Adiwarna Rasa dalam Goresan Aksara”. Lokakarya ini diselenggarakan di gedung FISIPOL lama, Universitas Tidar Tuguran, pada Minggu (14/05).

Kegiatan lokakarya rutin diadakan setiap tahun. Kali ini Himaprodi PBSI menghadirkan pemateri menarik yakni Alfin Rizal yang merupakan penulis sekaligus seniman asal Magelang. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 - 10.30 yang dihadiri oleh pelajar dan mahasiswa. Rizqi Amalia, selaku panitia acara mengatakan bahwa lokakarya kepenulisan ini diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan semangat menulis dan kemampuan dalam mengolah rasa yang kemudian dituangkan dalam bentuk karya sastra.

Kegiatan dengan fokus utama kepenulisan puisi ini, diawali kalimat pembuka sang pemateri bahwa, "Menulis puisi itu gampang-gampang susah. Siapa pun bisa menjadi penyair, siapa pun bisa menulis puisi. Hanya cara setiap orang mengungkapkannya yang berbeda," ungkapnya.

Alfin Rizal juga memberi tips dalam menciptakan puisi yang tidak hanya berfokus pada keindahan diksi, namun juga makna yang terkandung. Pembawaan materi yang asyik dan menyenangkan membuat peserta yang hadir melontarkan beberapa pertanyaan sehingga suasana pada lokakarya ini menjadi hidup.

Kegiatan lokakarya ini dibuka dengan pembacaan puisi oleh salah satu talent, serta ditutup dengan sebuah penampilan menyanyi. "Kegiatan dan materinya menarik, acaranya pun dibawakan dengan seru dan tidak membosankan. Tentunya juga dapat menambah wawasan terkait dunia kepenulisan,” ungkap Amelia, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Acaranya sangat informatif dan memotivasi, pembicara juga berwibawa dalam menyampaikan materi karena terkait pengalamannya sendiri. Namun, mikrofon yang hidup mati cukup mengganggu,” ungkap Salwa sebagai salah satu peserta.

Ungkapan lain juga diberikan oleh Fadhilah, yakni salah satu peserta yang menyatakan bahwa lokakarya yang diselenggarakan sangat cocok untuk anak-anak bahasa, khususnya mereka yang ingin mengembangkan bakatnya dalam menulis puisi. Sebuah acara yang menyenangkan serta memberikan wawasan dan ilmu baru bagi peserta yang hadir dengan pemateri dan rangkaian acara yang menarik.

Sebagi penutup, Alfin Rizal memberikan tips agar percaya diri dalam menulis khususnya bagi pemula yang masih belum yakin akan tulisannya. Beliau juga memberikan beberapa hadiah berupa buku-buku terbitannya pada enam peserta terpilih yang mengajukan pertanyaan sebagai bentuk dari apresiasi. (IF/HA)

 




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama