UNTIDAR – Universitas Tidar ditunjuk oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2022 Tangkai Monolog untuk pertama kalinya. Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Potensi Minat Bakat dalam Bidang Seni dan Budaya Mahasiswa” dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu, (10-11/9) di Gedung dr. H.R. Suparsono.


Panji Kusuma Prasetyanto, Person In Charge (PIC) Peksimida 2022 menyebutkan tujuan dari Peksimida adalah untuk meningkatkan antusiasme mahasiswa terutama dalam bidang kesenian dan sebagai rangkaian seleksi menuju Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional).


Peksimida 2022 Tangkai Monolog turut mengajak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PSM GST dan Bengkel Seni sebagai penampil untuk memeriahkan acara tersebut. PSM GST membawakan dua buah lagu, yaitu lagu dari Medan dan Jawa Tengah. Sedangkan, Bengkel Seni menunjukkan penampilan monolog.


Acara tersebut diikuti oleh 31 peserta dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Jawa Tengah. Arifin Ilham, ketua panitia Peksimida 2022 menyebutkan 10 peserta tampil pada hari pertama, sementara 21 peserta lainnya akan tampil pada hari kedua.


Menurut Panji, jumlah peserta Peksimida 2022 Tangkai Monolog meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 10-15 peserta.


“Karena UNTIDAR pertama kali ditunjuk menjadi tuan rumah dan pesertanya ternyata membludak, maka persiapan acara ini dirasa masih kurang,” tutur Panji.


Salah satu peserta Peksimida 2022, Ainaya Shafira mengungkap bahwa mulanya ia merasa senang mengikuti Peksimida tetapi ternyata masih terdapat beberapa kendala teknis di acara tersebut.


“Saya kira bakal wow, tetapi ternyata tidak memenuhi ekspetasi saya. Karena persiapan panggung yang kurang memadai, lighting panggung yang kurang, dan tata panggungnya yang kurang membuat saya dan teman-teman saya harus mengubah konsep lagi,” ujar peserta asal Teater EMKA UNDIP itu.


Senada dengan Ainaya, Cornel Innos, peserta asal UNIKA Semarang mengungkapkan perasaan bahagianya terhadap kegiatan Peksimida 2022. Akan tetapi, ia beranggapan bahwa persiapan Peksimida 2022 Tangkai Monolog tersebut persiapannya masih kurang dimana masih belum memenuhi standar lomba cabang seni.


Selanjutnya, ia berharap agar Peksimida tahun berikutnya dapat dipersiapkan dengan matang. “Mungkin dari persiapannya lebih dimatangkan lagi. Mulai dari tata panggung, lighting, dan perlengkapan lainnya yang belum memadai. Untuk peraturan juga harus dipertegas lagi,” harap Cornel.


Sementara itu, Panji menyebutkan harapannya semoga acara Peksimida dapat berjalan dengan lancar dan UNTIDAR bisa menjadi tuan rumah lagi untuk tahun-tahun berikutnya. (DDN/NHPS)

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama