Workshop Autodesk Revit "Pembangunan Rumah Tinggal Dua Lantai"

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) UNTIDAR menggelar Workshop Autodesk Revit sebagai salah satu acara dalam Civil Engineering Education Festival (CEEF) 2021 melalui zoom meeting pada Minggu, (19/9). Acara ini diawali dengan pemutaran video pembuka CEEF 2021 dan video profil Teknik Sipil.

Inti dari acara ini adalah pengenalan WIKA National BIM E-learning Center oleh Wahyu, pegawai WIKA, sebagai BIM E-learning di Indonesia. BIM E-learning merupakan program berkelanjutan dari WIKA untuk membuat suatu projek berkaitan dengan konstruksi. Adanya kegiatan pengenalan ini, diharapkan BIM E-learning dapat diakses dengan mudah oleh dosen, guru, mahasiswa, dan pelajar. Selain itu, peserta yang mengikuti pelatihan BIM E-learning diharapkan mengikuti lomba untuk mengukur kompetensi diri.

Setelah dilakukan pengenalan WIKA National BIM E-learning Center, acara dilanjutkan dengan mengulas hasil pengerjaan pembangunan rumah tinggal dua lantai menggunakan revit yang telah dilakukan oleh peserta di hari sebelumnya. Ulasan tersebut dilakukan oleh Wahyu, pegawai WIKA. Kemudian, disampaikan pula nama-nama peserta yang lulus dalam pelatihan dan penyampaian testimoni dari peraih 3 nilai tertinggi.

“Materi di BIM E-learning mengenai revit mudah dipahami dan sesuai dengan yang ada di revit. Namun, ada kendala saat pembagian link. Selain itu, pengerjaan bagian atap yang paling sulit,” ujar Raditya Bintang, salah satu dari 3 peraih nilai tertinggi dalam pelatihan revit.

Paparan dari pemateri

Bagi (peserta) yang ingin menggiati bidang konstruksi, BIM bisa menjadi langkah awal. Ikutilah pelatihan BIM. Setelah itu, ikutlah lomba sebagai latihan dan untuk mengetahui kompetensi diri. Setelah bisa menguasai BIM, berbagilah ilmu kepada teman-teman yang lain," jelas Wahyu dalam closing statementnya. (Syakira Alfi Kurnia)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama