Suara Merdeka Gandeng Generasi Millenial Wujudkan Pojok Muda Produktif Jurnalistik

                      Suara Merdeka Kedu Utara menyelenggarakan acara dengan judul Pojok Muda pada Jumat, (10/09). Pojok Muda ini dilaksanakan di Kantor Pusat Suara Merdeka bertempatan di Jalan Pierre Tendean Nomor 9, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Kegiatan ini dihadiri 12 orang mahasiswa dan siswa yang terdiri dari delegasi 2 Kampus dan 4 Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Kejuruan di sekitar Kota Magelang.

    Pojok Muda memiliki tujuan memunculkan kader baru dalam bidang jurnalistik dan dapat memenuhi kebutuhan materi bagi kaum muda dalam optimalisasi peran media sosial dengan sudut pandang jurnalistik. Asef F Amani, Koordinator Bisnis Suara Merdeka Kedu Utara, menambahkan bahwa kegiatan Pojok Muda ini dapat menjaring anak muda untuk memproduksi karya jurnalistik yang sekaligus dapat mendukung Suara Merdeka pula dalam produk cetak, online, bahkan media sosial. Asef juga berharap dengan adanya Pojok Muda ini dapat meningkatkan potensi daerah utamanya di Kota Magelang berupa produk jurnalistik.

    Kegiatan Pojok Muda tahun ini di desain berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dalam acara kali ini dilakukan secara tatap muka dan menggandeng enam instansi pendidikan yang  berada di sekitar Kota Magelang. ”Suara Merdeka mencoba forum yang berbeda dari sebelumnya karena ingin mengedepankan komunikasi dua arah agar sasaran dapat meraup manfaat lebih banyak dari pada sebelumnya,” ujar Asef F Amani. Pojok Muda menghadirkan narasumber yakni Edi Purnomo selaku kepala Kedu DIY yang menjelaskan mengenai ketertarikan jurnalistik yang dapat dipupuk sejak bangku kuliah atau sekolah.

    Tidak hanya sebagai acara yang hanya sekali saja, Pojok Muda memfasilitasi kaum muda dalam bentuk pelatihan yang akan diadakan setiap hari Jumat dan terbuka untuk umum. Pelatihan ini akan dilakukan di empat tempat yakni Kantor Pusat Suara Merdeka Kota Magelang, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Universitas MuhammadiyahPurworejo dan Yogyakarta. Tujuan pelatihan tersebut, melatih dan memberikan arahan terkait kebutuhan jurnalisitik kaum muda untuk mewujudkan penulis generasi mendatang yang berkualitas.

    Adanya Pojok Muda, diharapkan dapat memunculkan komunitas-komunitas baru dalam hal jurnalistik dan dapat terserap oleh berbagai elemen generasi millennial, agar tujuan dari kegiatan ini dapat berjalan selaras dan maksimal kedepannya. Target dari adanya komunitas yang akan dibentuk ini adalah lingkup SMA sampai jenjang perkuliahan. Hal ini guna membentuk jiwa jurnalis muda melalui situs sekolah ataupun kampus agar semakin banyak produk jurnalistik yang terbentuk. Harapan besar untuk terus mengembangkan produk jurnalistik terletak pada millennial sebagai Agent of Change.

Reporter : VAN dan DL 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama