Seminar Nasional dan Kompetisi Ide Bisnis

UNTIDAR – Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (UKM Kopma) Universitas Tidar menyelenggarakan seminar nasional dan kompetisi ide bisnis dengan tema “Strategi Marketing dalam Berwirausaha Menuju Era 5.0” pada Sabtu, (04/09/). Acara yang dilaksanakan di auditorium Universitas Tidar ini disiarkan melalui platform Zoom Meeting.


Kegiatan seminar dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Koperasi Indonesia, dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia, Ulfa Rahma Pramudianti. Selain itu, sambutan juga disampaikan oleh M. Dzikron Mubarok selaku ketua UKM Kopma, Adhi Surya Perdana selaku pembimbing UKM Kopma, dan Prof. Sugiyarto selaku wakil rektor bidang III Universitas Tidar.


Acara seminar dan kompetisi ini bertujuan agar mahasiswa dan masyarakat pada umumnya semakin peka terhadap penerapan teknologi dalam wirausaha dan semakin bersemangat dalam berkreasi meskipun di tengah pandemi. Ariska, panitia acara seminar menambahkan, “Harapannya, agar peserta dapat menambah wawasan mengenai strategi marketing di saat pandemi seperti sekarang ini”.


Seminar dan kompetisi yang merupakan rangkaian acara tahunan UKM Kopma ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah Gloria Maria Foster Pingak dari Nutrifood Indonesia dengan materi Strategi Marketing Menuju Era Industri 5.0. “Industri 5.0 adalah di mana orang-orang melihat sisi humanis. Tentang bagaimana cara human kapital ter-develop dan membangun bisnis yang lebih memperhatikan lingkungan,” terang Gloria. Gloria juga menyampaikan mengenai pentingnya pemasaran digital untuk membuat orang-orang yang mengunjungi platform kita tertarik dengan bisnis kita, bahkan sebelum mereka mempunyai pengalaman langsung terhadap produk kita.


Seminar dilanjutkan materi mengenai wirausaha di era revolusi industri 5.0 oleh narasumber kedua, Rinto, seorang pemilik bisnis Kaliangkrik Arabica Java Coffee. “Seorang wirausaha harus menemukan di mana kecerdasan dirinya. Petakan dan yakini, nggak perlu minder tentang kecerdasan akademik, karena seiring waktu, pengalaman akan membentuk diri kalian,” jelas Rinto. Menurutnya, menjadi wirausaha di era industri 5.0 harus kreatif, komunikatif, kritis, dan berkolaborasi.


Setelah sesi materi berakhir, para peserta antusias mengikuti dengan bertanya kepada kedua narasumber. Kemudian, acara diakhiri dengan presentasi ide bisnis dari lima calon pemenang kompetisi ide bisnis yang telah diselenggarakan sejak 13 Agustus 2021 lalu.

Reporter: IH dan LK

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama