CILACAP – Angin kencang disertai hujan yang melanda wilayah Cilacap, Jawa Tengah menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa kecamatan pada Rabu, (27/1). Akibatnya, salah satu rumah warga di Jalan Gereja, Desa Adiraja, Kecamatan Adipala rusak tertimpa pohon salam.

Dilansir dari grup facebook Info Cilacap Bercahaya, kejadian tidak hanya diakibatkan oleh angin kencang saja, tetapi juga kurangnya antisipasi pemilik pohon dalam menanggapi ukuran pohon yang besar, letak pohon yang terlalu dekat rumah, dan kondisi cuaca di Cilacap. ”Warga yang punya pohon harusnya mempunyai kesadaran jika pohon yang berada di dekat rumah sekiranya ditebang, sebagai antisipasi supaya tidak merobohi rumah. Namun, biasanya rumah sudah kerobohan pohon, baru ditebang. Kalau pemiliknya diberi tahu untuk menebang pohon sedini mungkin, malah marah,” ujar Lousi Kar, salah satu anggota grup facebook Info Cilacap Bercahaya yang mengomentari kejadian rumah yang tertimpa pohon.

Laporan mengenai kejadian ini telah diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap. Menurutnya dampak dari angin kencang hampir merata di setiap kecamatan. Selain itu, BPBD Cilacap mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati terhadap cuaca esktrem dan angin kencang. (SAK/EMP)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama