Tampil Ciamik: Salah satu penampilan ciamik dari mahasiswa PBSI semester 5, yaitu kelas 5B (Credit photo: JMB Creative) 

UNTIDAR - Mahasiswa semester lima Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Tidar berhasil menyuguhkan pentas bertajuk Senandung Bahana Nusantara yang ciamik, Selasa (15/1). Pentas yang digelar di Auditorium Universitas Tidar ini dimulai sejak pukul 09.30 WIB. Selain untuk melengkapi tugas akhir mata kuliah Ilmu Perbandingan Bahasa Nusantara (IPBN), acara ini bertujuan untuk menghibur dan memperkenalkan bahasa di nusantara melalui lagu daerah serta mengapresiasi lagu tersebut dengan pementasan.

Para dosen dan mahasiswa UNTIDAR serta sejumlah tamu dari Filipina dan Jepang turut menghadiri pergelaran seni tersebut.

Pentas ini digelar dalam bentuk paduan suara dengan koreografi tarian yang menggabungkan beberapa gerakan tradisional nusantara dan tarian modern dalam setiap gerakan serta memperlihatkan keindahan musik jimbe, rebana, cajon, keyboard, gitar dalam memainkan lagu-lagu nusantara.

Selain bernyanyi, mahasiswa PBSI telah menganalisis bahasa dalam lagu tersebut. Hal itu dituturkan dosen mata kuliah IPBN, Dr. Yulia Esti Katrini, M.S. bahwa sebelumnya, mereka harus mengumpulkan paper yang di dalamnya menganalisis sistem fonologi, morfologi, dan sintaksis bahasa daerah yang mereka pilih. Kemudian, bahasa dibandingkan untuk menentukan hubungan kekerabatan dengan bahan kosakata bahasa dan lirik lagu yang mereka pilih.

Mengawali rangkaian pentas, para mahasiswa menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman dilanjutkan Magelang Kota Harapan milik Sukimin Adiwiratmoko untuk menyambut para penonton.

Semester 5 PBSI dengan total 120 mahasiswa terdiri dari 3 kelas, sehingga ada 3 kelompok yang masing-masing menampilkan dua lagu daerah dari wilayah yang berbeda. Kelas A menyanyikan Yamko Rambe Yamko dari Papua dan Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan. Kemudian kelas C menyanyikan Nasonang dari Batak dan Cangget Agung dari Lampung. Dilanjutkan kelas B yang menyanyikan Aceh Lon Sayang dari Nangroe Aceh Darussalam dan Sungai Kapuas dari Kalimantan Barat.

Penampilan dengan durasi hampir dua jam itu berhasil memukau penonton. Azizah Wahyu, salah satu penonton yang merupakan mahasiswi semester 5 PBI UNTIDAR mengaku terpukau oleh penampilan yang menyanyikan sejumlah lagu tradisional nusantara tersebut.

"Saat nonton, saya melongo. Berasa nonton Grandio Sonora Tidar (GST) versi 2. Ternyata bukan anak paduan suara (padus) juga bisa nyanyi format padus," ungkapnya.

Suasana hening namun penuh ekspresi kekaguman juga ditunjukkan para penonton ketika nyanyian dengan dinamika dan harmonisasi yang ciamik serta koreografi menawan disuguhkan secara kompak dari tempo dan teknik gerak. Konsep pentas yang dikemas dengan gerakan yang juga energik memberikan warna baru dalam multigerak yang mereka tampilkan. Dengan balutan kostum daerah yang serasi dan indah semakin menambah keagungan tampilan paduan suara.

Acara yang gratis dinikmati untuk umum ini tidak hanya menyajikan tarian dan nyanyian, para penonton juga disuguhkan snack.

Lagu penutup yang disajikan para mahasiswa dalam pementasan tersebut adalah Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah dan Zamrud Khatulistiwa yang dipopulerkan oleh Chrisye. Tak hanya itu, di akhir acara, penonton diajak terlibat dalam flash mob Poco-Poco dari Maluku. Hal itu membuat penonton bergembira dan antusias berjoget bersama meramaikan suasana.

"Seru, apalagi saat Poco-Poco, semua penonton termasuk dosen terlibat," ujar Azizah.

Ahmad Maulana Ghufar selaku ketua panitia menuturkan, dirinya bangga dan sangat berterima kasih atas sambutan positif para penonton. Ia mengaku bahwa persiapan yang dilakukan terbilang cukup singkat dalam menunjukkan keindahan lagu-lagu bahasa nusantara dengan koreografi yang dibuat.

"Semoga pementasan IPBN selanjutnya bisa lebih bervariasi dan inovatif, serta dibarengi dengan persiapan yang jauh lebih matang, karena persiapan yang matang akan menjadikan pementasan yg lebih baik," pungkasnya. (RMN/MILS/SPU)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama