Konferensi Pers: panitia SMM Untidar mengadakan konferensi pers yang dipimpin PLT rektor Untidar (kiri), didampingi WR 1 bidang Akademik (tengah) dan ketua panitia SMM Untidar (kanan). (22/7)

UNTIDAR-Proses penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Masuk Mandiri (SMM) UNTIDAR berjalan lancar. Berdasarkan konferensi pers yang dihadiri oleh Plt. Rektor Prof. Jhon Hendry, ketua pelaksana SMM UNTIDAR, Prof. Sukarno, M.Si dan beberapa pejabat terkait pada Minggu (22/7) pagi, SMM UNTIDAR diikuti oleh 2445 peserta. 823 peserta merupakan kelompok ujian sains teknologi (saintek) dan 1622 peserta lainnya adalah kelompok ujian sosial humaniora (soshum).
Jumlah pendaftar SMM UNTIDAR 2018  naik menjadi 66,7% dibandingkan tahun 2017 yaitu sebanyak 1467 peserta. Adapun daya tampung yang diterima sekitar 540 mahasiswa. “Dari seluruh jumlah pendaftar dengan perbandingan 1:4 peserta SMM UNTIDAR yang diterima,” ujar Prof. Jhon Hendry.
Mengerjakan: sebanyak 2.445 peserta mengerjakan soal SMM Untidar (22/7)

Peningkatan jumlah pendaftar disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pembukaan tiga program pendidikan (prodi) sekaligus yaitu Akuakultur, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Biologi. Total prodi yang dibuka untuk SMM UNTIDAR 2018 yaitu 19 Prodi yang terdiri dari 17 Prodi S1 dan 2 Prodi D3. Berdasarkan data, jumlah pendaftar paling banyak ada pada S1 Administrasi Negara dengan 256 pendaftar diikuti S1 Teknik Sipil dengan pendaftar sebanyak 247 calon mahasiswa dan S1 Manajemen sebanyak 233 pendaftar.
SMM UNTIDAR dilaksanakan di empat titik lokasi yaitu kampus UNTIDAR, SMPN 2 Magelang, SMPN 13 Magelang, dan SMPN 11 Magelang. Pada tahun ini, UNTIDAR menyiapkan daya tampung sebanyak 2015 mahasiswa dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Sementara total pendaftar yaitu 4.058 peserta dari jalur SNMPTN, 10.075 pendaftar jalur SBMPTN, dan 2.445 dari jalur Seleksi Mandiri.
Hasil SMM UNTIDAR akan diumumkan pada 2 Agustus 2018 pada laman untidar.ac.id. Jhon Hendry mengungkapkan bahwa saat ini UNTIDAR mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu dapat dilihat dari segi akademik dengan diraihnya akreditasi B oleh hampir semua prodi yang ada. Segi infrastruktur pembangunan dan renovasi gedung UNTIDAR juga telah mengalami perkembangan. Menurutnya, UNTIDAR sudah semakin baik mengingat statusnya merupakan peralihan dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Mahasiswa dari jalur SMM UNTIDAR akan dikenai biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disesuaikan dengan kemampuan orang tua mahasiswa. Menurut pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti ini, pihak UNTIDAR akan mempertimbangkan calon mahasiswa penghafal Alquran. Tetapi tetap akan ada seleksi dalam bidang akademik dan latar belakang pendidikannya. (AR/SN/MY/DSA)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama