Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Kamis, 20 Oktober 2016

System Slim, Cara Efektif Fasilitasi Mahasiswa Cari Referensi

Workhop SLIM: Workshop Sistem Perpustakaan dan Sosialisasi
                               E-Book dan E-Jourmal. (Mata Photos)
Untidar, Lpmmata.com-red-Perpustakaan Universitas Tidar (Untidar) akan terapkan SLIM (library management system), sejenis perangkat lunak untuk memanajemen perpustakaan. Dra. Sri Haryati, M.Pd. ungkap di depan 250 peserta yang sedang berkumpul di Auditorium Universitas Tidar (Untidar) tatkala mengikuti Workshop Sistem Informasi Perpustakaan & Sosialisasi E-Book dan E-Journal pagi tadi, Kamis (20/10), bahwa System SLIM merupakan cara efektif untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memperoleh referensi sesuai dengan bidang keilmuannya.
Setelah sistem manajemen perpustakaan yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional ini berjalan, seluruh dosen Untidar diharapkan ikut serta dalam mendukung dan mengembangkan sistem dengan cara mengunggah hasil penelitianya. “Dosen diharapkan selalu berkarya sebagai upaya memfasilitasi mahasiwa mengembangkan keilmuanya,” ungkap Rektor Untidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf M.Pd., tatkala beri sambutan.
Dalam satu tahun terakhir Perpustakaan Untidar mencatat adanya peningkatan pengunjung dan pembaca di kalangan mahasiswa sebanyak 1000%. Namun, yang sangat disayangkan prosentase kunjungan dosen ke perpustakaan hanya 3% dalam satu tahun terakhir. “Prosentase kunjungan dosen ke perpustakaan hanya sekitar 3% dalam satu tahun terakhir, mungkin karena kesibukan dari teman-teman dosen,” jelas Sri Haryati.
Meskipun mengalami peningkatan, dewasa ini mahasiswa lebih senang mencari buku elektronik daripada buku cetak. Maka dari itu dosen harus mampu menyebarluaskan buku ajarnya melalui media elektronik seperti e-journal. Selain mempermudah mahasiswa dalam mencari referensi, hal itu juga berdampak baik untuk meningkatkan rangking perpustakaan Untidar di webomatrik.

Semakin banyak karya yang diunggah oleh teman-teman dosen, maka peringkat website Perpustakaan Untidar juga akan meningkat,” jelas Hendro Wicaksono, SLIMS Lead Developer, ketika sampaikan materi. Hendro juga menghimbau kepada seluruh warga Untidar untuk benahi perpustakaan agar menjadi perpustakaan yang efektif dan relevan agar dapat meningkatkan elektabilitas dan prestasi akademik Untidar. Mari bersama-sama berbenah untuk membangun Perpustakaan Untidar, perpustakaan yang relevan dan efektif dalam upaya meningkatkan elektabilitas dan prestasi akademik Untidar,” pungkasnya. (Lil) 

Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com