UNTIDAR-Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menggelar festival di Gedung dr. H.R. Suparsono, Universitas Tidar. Teater yang dipentaskan memiliki tema berbeda sesuai kreasi mahasiswa. Festival ini digelar sebagai bentuk Ujian Akhir Semester mata kuliah Pementasan Drama. 


Festival Teater 21 merupakan parade teater PBSI Untidar angkatan 2021 yang diselenggarakan selama tiga hari berturut, mulai tanggal 12 hingga 14 Desember 2023. Festival ini mulai dibuka pukul 17.30 WIB dan hanya dapat ditonton oleh keluarga mahasiswa Untidar dengan menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). 


Terdapat enam kelompok dari empat kelas yang mementaskan, yakni Teater Aswatama, Sembrono Teater, Teater Gabah, Teater Kardus, Teater Aksara Srikandi, dan Teater Koi. Pembagian pementasan, dibagi menjadi satu kelas hingga dua kelas dalam sehari dengan durasi waktu pementasan dari setiap kelompoknya sekitar 40 menit. 


“Kelas yang mementaskan teater ada kelas D di hari Selasa, kelas A dan B hari Rabu, dan kelas C hari Kamis. Tujuan diselenggarakan festival ini untuk kepentingan UAS pementasan drama dari prodi PBSI sebagai bentuk apresiasi karya dengan cara offline. Sebab jika dilaksanakan secara online tidak efisien dan beberapa dosen juga menginginkan durasi waktu sekitar setengah jam” ujar Fikri Hakam, ketua panitia Festival Teater PBSI 21. 


Pergantian pementasan dari kelompok satu ke kelompok selanjutnya terdapat jeda yang diisi oleh pengenalan setiap pemain dan sutradara. Sebelum hari pementasan, semua kelompok melakukan gladi bersih untuk berlatih tanpa menggunakan properti. 


"Gladi bersih dilaksanakan sebelum hari pementasan dari jam dua siang hingga jam delapan malam, sekitar 40 menit hingga satu jam  berlatih tanpa menggunakan properti, di gedung baru ada properti jam dua siang " jelas Fikri.


Dalam penyelenggaraan teater ini, tentunya dibentuk kepanitian dari mahasiswa PBSI angkatan 21. Para dosen mata kuliah Pementasan Drama juga turut hadir untuk memeriahkan sekaligus melakukan penilaian pada teater yang dipentaskan. (E/Y)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama