UNTIDAR – Berlokasi di Kali Bening, Jembatan Dumpoh, BEM KM UNTIDAR adakan kegiatan Bersih Kali Bening, Jumat (10/6). Bertemakan “Gerakan Bersih Kali untuk Bumi Pertiwi”, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2022. BEM KM berkolaborasi dengan Mapala Sulfur dan Paguyuban Peduli Kali Magelang (PPKM) dalam memprakarsai kegiatan ini.

Tercetusnya ide kegiatan Bersih Kali Bening ini bermula dihubunginya BEM KM oleh komunitas PPKM. “Kami ada ide untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, mungkin ini kontak dengan komunitas, jadi malah dari komunitas yang menghubungi bem km. Di sisi lain permasalahan yang ada itu sampah di sungai tidak terlihat tetapi mengendap di dasar sungai, jadi lama kelamaan menjadikan kenaikan volume,” jelas Umi Kulsum, dari BEM KM selaku ketua pelaksana.

“Kami dalam kegiatan biasa mengajak sekolah juga. Kebetulan acara ini kan dekat UNTIDAR, ya kami mengajak BEM KM,” seru Johannes, ketua PPKM.

Turut diundang dalam acara ini Armed 11, Armed 3, Polsek Magelang Utara, PSDA, Koramil Magelang Utara, Kodim 0705 Kota Magelang, GRI Kota Magelang, SarKota, Tagana Kota Magelang, Sekal, Ubaloka, Mapala Akatirta, Stupa SMKN 2 Magelang, Cosspala SMKN 2 Magelang, Glacial SMU 1 Magelang, Bhaghavatgita SMA 2 Magelang, serta komunitas peduli lingkungan lain di Magelang.  Acara berlangsung dari pukul 07.30 WIB hingga selesai.

Pemilihan lokasi kegiatan di Kali Bening dijelaskan Umi. “Kami menyasar di sekitar UNTIDAR, dan survei hari Selasa. Dari sini juga, melihat persiapan kami, dan terlihat urgent di belakang UNTIDAR. Kami mengarahnya dari Dumpoh sampai Tobongsari karena banyak anak kos di sekitar sini, mereka juga bisa jadi salah satu penyumbang sampah di Kali Bening ini.”

Keterbatasan dana untuk pengadaan konsumsi menjadikan kegiatan ini hanya diikuti dari fungsionaris BEM KM dan Mapala Sulfur untuk mahasiswa UNTIDAR. “Mungkin karena acara ini pertama kalinya jadi kami masih keterbatasan di banyak aspek itu, jadi kami baru internal saja,” jelas Umi. Warga sekitar Kali Bening turut diundang dalam kegiatan ini, tetapi dikarenakan terlaksana pada hari kerja, warga hanya dapat membantu dalam pengadaan konsumsi.  

Masalah pengadaan konsumsi, kegiatan ini mendapat bantuan dari PPKM, Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang (DLH) dan juga masyarakat sekitar. “Jadi kemarin dari pihak PPKM itu berkoordinasi dengan DLH untuk pengambilan sampah. Nah, dari DLH alhamdulillah memberi bantuan konsumsi,” tambah Umi. 

Jafar Sidiq dari Mapala Sulfur memberikan harapan untuk acara ini kedepannya. “Ini kan SDM-nya banyak, kalau  bisa diperpanjang daerah pembersihannya. Juga untuk mahasiswa setelah tahu adanya acara ini bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar, dan berharap mengajak sesama mahasiswa dalam kegiatan semacam ini.” (RNU/MSN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama