UNTIDAR - Pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an 2021 Tidar Nusantara dengan tajuk “Melahirkan Generasi Qur’ani di Era Pandemi” oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Iqsan telah usai digelar. Kegiatan ini diadakan secara online dan offline pada Rabu (22/10).

Kegiatan Grand Closing diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sukron Mazid selaku Pembina UKM Iqsan.

Setelah rangkaian awal kegiatan MTQ digelar, acara selanjutnya ialah pengumuman pemenang bagi para peserta MTQ 2021 tingkat Nasional dengan jumlah keseluruhan peserta 212 orang. Terdapat sembilan cabang perlombaan, diantaranya cabang lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an 5 juz, Musabaqah Hifdzil Qur’an 10 juz, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Khattil Qur’an, Musabaqah karya tulis Ilmiah Al Qur’an, Musabaqah Syahril Qur’an, Musabaqah Qiroatul Kutub dan Cover Sholawat.

Puncak acara kegiatan ini adalah Gebyar Sholawat yang dihadiri Habib Fatah Zahir Al Atas. Ia menuturkan “Kegiatan MTQ Tidar Nusantara ini semoga tidak hanya melahirkan pemuda–pemudi yang mahir dalam ilmu agama, tetapi bisa membuat para mahasiswa mengetahui potensi diri dan pengetahuan kehidupan bersosial dengan aktif berorganisasi.”

Kegiatan penutupan MTQ resmi ditutup oleh pihak panitia dengan pembacaan doa dan sholawat yang bertepatan dengan acara Maulid Nabi yang dipimpin oleh Habib Fatah Zahir dan timrebana UKM Iqsan.

Riam Mukti, selaku ketua panitia dalam wawancaranya menyebutkan semoga melalui acara ini dapat membangkitkan proses kualitas Generasi Qur’ani di Era Pandemi. “Di era pandemi yang serba online seperti ini akan perlunya pembangunan karakter seperti halnya akhlak dan moral para generasi muda agar sesuai dengan ajaran Al-Qur'an. Dengan adanya perbaikan kualitas diharapkan generasi muda yang cinta Al-Qur'an bisa mengamalkan akhlak dan moral yang sesuai dengan Al-Qur'an.” ujar Riam.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama