sumber: UKM IQSAN

UNTIDAR – Kompetisi Musabaqoh Qiroatul Khutub (MQK) merupakan salah satu dari sembilan kegiatan yang diwadahi di Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tidar Nusantara (MTQ TN) 2021. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IQSAN selaku penyelenggara, mengadakan kompetisi tersebut secara offline di perpustakaan Universitas Tidar pada Minggu, (10/10).


Kegiatan tersebut diikuti oleh 27 peserta dari wilayah Jateng dan DIY dengan berbagai latar belakang mulai dari pelajar, mahasiswa, santri, hingga masyarakat umum. Peserta mengikuti lomba secara individu dan diberi estimasi waktu 10-15 menit tiap penampilannya.


“Dari peserta hadir langsung ke perlombaan registrasi mengambil nomer undian. Ketika dipanggil maju, peserta mengambil faslun dari kitab yang harus dibacakan yang telah disediakan panitia, sudah pasti tiap peserta membacakan faslun yang berbeda. Kitab yang dibacakan juga disediakan panitia yaitu kitab Fathul Qorib gundul tanpa makna sama sekali. Jadi peserta dituntut untuk mengusai dua bab yaitu bab thoharoh dan bab sholat, lalu peserta diberi pertanyaan dari dewan juri,” ungkap Abdul Rauf selaku ketua UKM IQSAN terkait dengan sistem perlombaan.


Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Magelang. “Kami bekerjasama dengan Kemenag Kota Magelang di kegiatan ini, sehingga lebih dimudahkan contohnya seperti penetapan siapa dewan juri untuk perlombaan dan lain-lain,” ujar Abdul Rauf, “untuk MQK dewan jurinya adalah Kyai Zainuddin dan Kyai Ahmad Muqoddam dari Kota Magelang,” tambahnya. 


Nantinya, peserta yang menjuarai kompetisi MQK akan diumumkan pada saat acara puncak yaitu Rabu, (20/10) di pendopo Kota Magelang.


Ri’am, ketua panitia berharap agar kegiatan tersebut menjadi kegiatan rutin tahunan dengan tujuan  mensyiarkan dan mewadahi para mahasiswa dan juga menjalin ukhuwah keislaman dan ukhuwah wathoniyah. (KHN)

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama