CILACAP – Salah satu komunitas penggiat lingkungan dan sosial di Kabupaten Cilacap, CilacapBisa.id, mengajak masyarakat Cilacap untuk mengurangi penggunaan plastik dengan berpuasa plastik selama satu minggu dari  14-21 Maret 2021. Aksi Puasa Plastik ini salah satu rangkaian kegiatan dari tajuk 165 Cilacap Peduli Sampah yang diusung oleh CilacapBisa.id dalam perayaan ulang tahun ke-165 tahun Kabupaten Cilacap.


“Puasa Plastik lebih ke konsep bagaimana mengedukasi masyarakat agar dapat lepas dari plastik sekali pakai. Konsepnya lebih tidak memaksakan ke publik, tetapi bagaimana publik itu bisa mau bergabung dalam Aksi Puasa Plastik,” ujar Muddasir Faisal Khak, salah satu relawan CilacapBisa.id.


Muddasir menuturkan, selain ada Puasa Plastik terdapat pula Dosa Plastik. “Ketika kita sangat terpaksa untuk melakukan kesalahan dengan menggunakan plastik, maka kita mendapatkan tugas untuk mengumpulkan dosa plastik yang telah dilakukan dan diunggah di instagram story setiap hari selama satu minggu. Setelah itu, Dosa Plastik yang telah dikumpulkan akan dibedah dan dihitung pada puncak aksi Puasa Plastik, yaitu tanggal 21 Maret.”


Dari Aksi Puasa Plastik, Muddasir berharap aksi ini dapat menjadi langkah awal bagi publik untuk bermigrasi dari plastik sekali pakai ke kantong yang lebih ramah lingkungan, seperti cassava bag dan paper bag. Muddasir menambahkan Aksi Puasa Plastik ini dapat berjalan secara berkelanjutan dalam diri masyarakat tanpa ada paksaan. (FAR/SAK)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama