Khidmat : Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. memberi sambutan yang disiarkan secara daring.

UNTIDAR - Pembukaan Dies Natalis UNTIDAR yang ke-41 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini disiarkan secara online melalui media sosial YouTube pada Sabtu, (2/5) pukul 10.00 WIB. Pembukaan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Rektorat UNTIDAR tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat.

Penyelenggaran pembukaan Dies Natalis UNTIDAR kali ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelummya. Hal tersebut dikarenakan pembukaan berlangsung secara online dan tidak berjalan sesuai dengan rencana awal yang telah dirancang oleh panitia. 

Dies Natalis tahun ini bertemakan “Mengembangkan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal dalam Persaingan Global”. Pembukaan tersebut dipandu oleh Muhammad Fatchul Jawat sebagai Master of Ceremony dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari  Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, selaku Rektor UNTIDAR. Dalam sambutannya, Arifin menyampaikan sedikit hal tentang asal muasal UNTIDAR, dari yang mulanya merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hingga sekarang telah berstatus menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kemendikbud saat ini sedang mengembangkan program Merdeka Belajar. Hendaknya kita ikut terlibat di dalamnya untuk bebas dalam mengembangkan inovasi, bebas belajar dengan mandiri dan kreatif, bebas mengajak mahasiswa bagi para dosen untuk ikut serta dalam program ini,” ujar Arifin.

Ia juga mengajak kepada seluruh elemen sivitas akademika UNTIDAR untuk bersama-sama meraih UNTIDAR yang lebih baik lagi. 

Drs. Sujatmiko, M. P. A., ketua panitia Dies Natalis UNTIDAR mengungkapkan permintaan maafnya karena acara ini tidak berjalan semestinya. 

“Hari ini UNTIDAR genap berusia 41 tahun, kami dari panitia sudah merancang banyak kegiatan, akan tetapi harus mendaur ulang kembali berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19. Ujungnya tentu harus menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada sehingga fokusnya pada pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan oleh universitas dan kami juga sudah merancang beberapa kegiatan berupa Seminar Internasional yang akan dilaksanakan secara online,” jelasnya.

Pembukaan Dies Natalis ini dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Rektor UNTIDAR kepada Drs. Sujatmiko, M. P. A. sebagai bentuk simbolis dibukanya Dies Natalis yang ke-41. Acara ini ditutup dengan lagu Padamu Negeri dan oembacaan doa yang dipimpin oleh Sukron Mazid, M. Pd.

“Semoga kedepannya universitas ini mapan, maju, dan terus berkembang. Diberikan ketegaran kepada pemimpin universitas dan penentu kebijakan untuk terus mengemban amanah dengan baik dan berhasil,” pungkas Sukron (MA/DS).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama