Ilustrator : Ema Ismawati

UNTIDAR – Menyikapi pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang menimpa Indonesia dengan eskalasi yang luar biasa, elemen mahasiswa UNTIDAR segera merespons dengan membentuk tim Satuan Tugas (Satgas). Keberadaan Satgas ini sebagai bentuk gerakan terorganisir satu pintu untuk mengambil langkah dalam menangani dan mencegah  Covid-19 di lingkungan kampus khususnya dan Kota Magelang pada umumnya.

Satgas Covid-19 tersebut didukung oleh Dr. Ericka, S.Pd., S.Si. selaku staf ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) universitas ini membentuk beberapa bidang gerak, yang meliputi Bidang Preventif, Bidang Promotif , dan Bidang Keuangan atau Pembiayaan.

Diinisiasi oleh Wakil Ketua BEM KM UNTIDAR, Janur Ramadhan, tim tersebut bekerja secara kolaboratif. “Satgas Covid-19 ini sudah kami rencanakan sejak bulan Maret dan akhirnya kami mulai eksekusi dengan langkah awal membuka donasi yang telah kami buka sejak 12 April 2020 – 22 april 2020 yang bilamana dana sudah cukup, kami akan sebar ke setiap fakultas untuk langsung melakukan pengadaan,” ujar Rama yang merangkap sebagai koordinator saat diwawancara melalui WhatsApp pada Rabu, (15/4).

Lebih lanjut, kolaborasi antara BEM KM UNTIDAR dengan 5 BEM Fakultas dilakukan untuk memaksimalkan upaya pencegahan melalui tindakan konkrit. Rama menyebutkan bahwa bidang gerak dalam Satgas ini dibagi rata.  Bidang promotif dipegang oleh FISIPOL dan FKIP, bidang preventif dipangku oleh FAPERTA dan FT, serta bidang pembiayaan ditangani oleh FE.

“Seperti membuat bilik disinfektan, pembuatan stand cuci tangan, pengadaan hand sanitizer dan juga pengadaan masker, memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat, menggalang dana dan penanganan kasus Covid-19, terutama di antara sivitas akademika dan tenaga kependidikan,” jelas Rama.

Ketua BEM FAPERTA, Anggi Majid, menjelaskan bahwa dalam kegiatan pendistribusian akan ada perwakilan dari tim yang nantinya dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Pendistribusian nanti akan dilaksanakan pada tujuan-tujuan yang sudah direncanakan.

Selaras dengan itu, Nico Hadist Ardiansyah, Ketua BEM FE, menyuarakan keikutsertannya dalam tim Satgas ini. “Kita bertanggung jawab atas bidang pembiayaan. Kita ikut berkontribusi, ikut berkecimpung secara sinergis agar pendanaan dapat sesuai target dan lancar,” ucapnya.

Saat ini, UNTIDAR masih membatasi aktivitas dan akses kampus dengan menerapkan kuliah daring, serta pemberlakuan kebijakan bekerja di rumah. Oleh karena itu, tim Satgas semakin bergerak cepat dalam berupaya menangani wabah ini.
 
Gerakan ini banyak menuai respons positif dari beberapa mahasiswa, salah satunya dari  Tegar Satya Prahara, Mahasiswa Pendidikan Biologi semester 2. “Mereka (Satgas Covis-19) yang berinisiatif  menjadi penggerak. Harapan saya mereka dapat membawa nilai positif dan menjadi cermin bagi yang lain untuk berbuat baik dan ini adalah terobosan yang keren,”  pungkas Tegar. (ISM/VRA)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama