KCF (Kebumen Campus Festival) merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh BKMK (Badan Keluarga Mahasiswa Kebumen), yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Disporawisata, serta Pemerintah setempat. KCF kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Acara explore kampus tersebut yang sebelumnya bertajuk Campus Fair mulai tahun ini dirubah menjadi Campus Festival. Yang mana rangkaian kegiatan di tahun-tahun sebelumnya hanya terdapat try out, Stadium General Motivation (SGM), dan Campus Expo.

Sementara itu, acara tahun ini ditambah dengan berbagai rangkaian kegiatan yang berlangsung mulai dari bulan Desember 2019 hingga Januari 2020. Diawali dengan Opening Ceremony pada 22 Desember 2019, di Alun-Alun Kebumen; Try Out; Kompetisi Futsal antar Himpunan pada 13-17 Januari 2020; Bakti Sosial pada 14 Januari 2020; Road To School pada 6-24 Januari 2020; Stadium General Motivation, Donor Darah, dan Campus Expo yang dilaksanakan bersamaan pada 25 Januari 2020; serta diakhiri dengan Closing Ceremony yang dilaksanakan pada malam harinya. 

KCF tahun ini dimeriahkan oleh 500 siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kebumen, serta 28 kampus yang ada di Indonesia. Bertempat di Gedung Pertemuan SETDA Kabupaten Kebumen, acara yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan meriah. Mengusung tema "Be Brave, Find Your Path", acara ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi di Kabupaten Kebumen dalam menentukan universitas yang akan dipilih. 

Seperti yang dikatakan oleh Wakil Bupati Kebumen, Bp. H. Arif Sugiyanto SH. dalam sambutannya, "mudah-mudahan melalui Kebumen Campus Festival 2020 ini dapat diperoleh gambaran Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang akan dipilih para siswa.". Selain itu, wakil bupati juga berpesan agar jangan pernah berhenti, tetaplah bermimpi tinggi, dan raih lah cita-cita setinggi-tingginya, karena berlian jika berada di tempat sampah pun akan tetap menjadi berlian.

Acara dilanjutkan dengan parade universitas dan talk show, yang diisi oleh dua pembicara keren, Arum Yulia Lestari, S.Pd. (mahasiswa pascasarjana UNNES) dan Yulisa Ratih Siana (mahasiswa berprestasi UNY), dengan dimoderatori oleh Aditya Widya P. (mahasiswa UGM). Kemudian, siswa-siswi dipersilahkan untuk mengunjungi stan-stan universitas yang berada di luar gedung, dengan hiburan penampilan dari perwakilan himpunan setiap universitas. Malam harinya acara diakhiri dengan closing ceremony dan KCF award dengan pemberian beberapa penghargaan. Diantaranya juara Futsal Championship, suporter terbaik, stan terbaik, penampilan terbaik, dan photo contest.

Reporter  : Dewi Ontro Wulan (MG1214), Ridha Nur Aini (MG1260)
Editor : Dinda Nur Fitri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama