Seminar: Pemberian materi oleh Dr.Agus Muji Santoso, M.Si
Himpunan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar selenggarakan seminar pendidikan dengan mengusung tema “Mendesain Project Based Learning (PjBL) Melalui Lesson Study”. Seminar tersebut dilaksanakan di gedung Fakultas Teknik Universitas Tidar, Kamis (11/7).
Seminar tersebut berlangsung pukul 09.00 sampai 12.00 WIB yang diawali dengan pertunjukan tari tradisional oleh perwakilan mahasiswa Pendidikan Biologi UNTIDAR. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian materi. Dr. Setyo prajoko M.Pd. selaku Kaprodi Pendidikan Biologi dalam sambutannya mengungkapkan seminar ini bertujuan agar mahasiswa mampu berinovasi dalam pembelajaran biologi dengan mendesain Project Based Learning (PjBL) melalui Lesson Study.
Seminar pendidikan yang menghadirkan dua narasumber yaitu, Dr. Agus Muji Santoso, M.Si dan  Dr. Ericka Darmawan, M.Pd. ini terbuka untuk umum. Namun, wajib diikuti seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi. Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran berbasis proyek, sementara lesson study merupakan suatu pengajuan pembelajaran, ujar Dr. Ericka Darmawan, M.Pd. 
Dr. Agus Muji Santoso, M.Si. juga menjelaskan bahwa project based learning tidak semata mata hanya untuk meningkatkan evisiensi dan efektivitas kerja kelompok, namun bagaimana peserta didik mampu berkolaborasi, berkomunikasi, bekerjasama dan saling mendengarkan satu sama lain.
Ketua panitia seminar, Ade Dhea berharap dengan diadakannya seminar ini mahasiswa Pendidikan Biologi dapat mengetahui tentang materi yang disampaikan pemateri dan dapat menerapkannya sebagai calon pendidik. “Acara yang bermanfaat, menambah banyak sekali materi yang nantinya dapat kita terapkan sebagai calon pendidik, semoga HIMAPBIO dapat secara rutin mengadakan acara seperti ini,” tutur Novita Aninda sebagai salah satu peserta dalam seminar pendidikan tersebut. (AF/NFAS)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama