Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Kamis, 07 Desember 2017

Menengok Pesona Tanjung Papuma

Sumber Gambar Google.com

Jika anda suka bersantai, maka pilihan yang tepat adalah berlibur di pantai. Ingin menikmati pantai lain dari yang lain?
Kabupaten Jember menyuguhkan berbagai wisata yang sangat tepat untuk dijadikan destinasi liburan. Di sini anda akan dimanjakan oleh sederet pantai dengan keeksotisan pemandangannya. Kebanyakan wisata alam yang ada di Kota Jember memang berupa pantai. Hal tersebut tidak lain karena letak geografis kota Jember yang hampir berada di ujung paling timur pulau Jawa. Siapa tak kenal Jawa Timur? Provinsi ini memang akrab dikenal dengan daerah yang memiliki koleksi pantai-pantai eksotis. Jika ditanya mana primadonanya? Maka Pantai Papuma-lah jawabanya.
Pantai Papuma ini terletak di Kecamatan Wuluhan, ± 50 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Jember. Perjalanan untuk menuju pantai membutuhkan waktu ± 60 menit dari pusat Kota Jember. Namun, jika anda sudah memasuki kawasan pantai disarankan untuk ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan letak pantai yang berada di balik pegunungan. Demi mencapai lokasi, anda perlu melewati lereng gunung yang jalannya pun naik turun. Tapi bukankah segala keindahan membutuhkan pertaruhan?
Nama Papuma sebenarnya merupakan akronim dari “Pasir Putih Malikan”. Malikan sendiri merupakan nama yang diberikan oleh Perhutani tatkala mulai menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi wisata. Pantai Papuma juga terkenal dengan sebutan Pantai Tanjung Papuma. Sebagai mana kita ketahui bahwa tanjung merupakan daratan kecil yang menjorok ke lautan.
Pesona Papuma akan lebih nampak ketika sore hari tiba. Tanjung ini akan menawarkan kepada wisatawan untuk menyaksikan langsung pengalaman menikmati sunset yang indahnya tak perlu ditanya. Papuma di kala senja memang tak ada duanya. Untuk mendapatkan momen ini anda harus berkenan menaiki Bukit Siti Hinggil yang berada tepat di tanjung. Tenang saja, anda akan dituntun menaiki anak-anak tangga untuk sampai ke puncak bukit. Bahkan, Asisten Manager Pemasaran Wisata Tanjung Papuma dan Pulau Merah Perhutani Jawa Timur, Suharno mengatakan bahwa Bukit Siti Hinggil adalah satu tempat yang menawarkan pengalaman untuk melihat matahari terbenam dan terbit terbaik di Jawa Timur.
Tidak sampai di situ, anda akan dibuat takjub dengan keindahan karang di sana. Karang akan nampak jelas ketika air sedang surut. Uniknya, di Papuma terdapat tujuh karang besar. Deretan pulau karang ternyata memiliki nama bak manusia. Nama-nama ini sendiri diambil dari tokoh pewayangan. Ada Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, hingga Kajang.
Jika anda hobi berfoto, di sini adalah tempat yang cocok untuk bergaya. Agar memeroleh angle foto yang bagus di kawasan Papuma, anda dapat menyusuri tepi pantai yang memiliki banyak karang. Anda juga bisa menaiki salah satu dari sekian banyak bukit karang di Pantai Papuma. Dengan begitu anda bisa melihat bebas ke sekitaran pantai. Pantai Papuma memang merupakan surganya bagi fotografer yang ingin mengabadikan pantai.
Selain menyuguhkan pemandangan laut yang eksotis, bagi Anda khususnya pecinta kuliner, Pantai Papuma juga menawarkan berbagai menu sea food yang terdapat di rumah makan yang berada di sekitar pantai. Harga yang ditawarkan pun tidak begitu mahal. Tentunya hal tersebut setimpal dengan suasana yang diberikan, menikmati sea food di antara pemandangan nan eksotis.
Kalau anda menginginkan suasana lebih menawan. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kota Jember adalah saat pertengahan hingga akhir bulan Agustus, yaitu sekitar 16 s/d 30 Agustus. Pada tanggal-tanggal ini Jember akan kedatangan momen tahunan yang rajin diselenggarakan pemerintah Kabupaten Jember, yakni Jember Fashion Carnival atau yang lebih dikenal dengan istilah JFC.
Jember Fashion Carnival merupakan karnaval kelas internasional yang menampilkan beragam budaya lokal hingga internasional dengan mengenakan kostum yang eksotis nan epik. Banyak wartawan dari berbagai penjuru negara yang berdatangan untuk meliput langsung acara tahunan tersebut. Selain wartawan dari berbagai negara, partisipan dari acara tersebut juga tak sedikit yang berasal dari mancanegara. Bagaimana? Sudah berniat menandai di kalender anda untuk mengunjungi Papuma Agustus mendatang? Atau anda sudah tak sabar menikmati Papuma dalam waktu dekat?(Mg.19)

Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com