Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Rabu, 03 Agustus 2016

Untidar Rembug dan Benahi Kurikulum Kewirausahaan dalam “Workshop dan Pembahasan Kurikulum Kewirausahaan”

U
Paparkan RPS: Ketua UPT KWU Untidar, Drs. Sri Bondan, M.Si.,
                             paparkan Rencana Pembelajaran Semester
                             Mata Kuliah Kewirausahaan ketika Worckshop
                             dan Pembahasan Kurikulum Kewirausahaan
                             berlangsung, Selasa (2/8). LPM Mata Photos
niversitas Tidar (Untidar) ajak Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, Ketua BEM, dan Ketua UKM  di lingkungan Untidar serta beberapa alumni  lakukan pembenahan Kurikulum Kewirausahaan tahun ajaran 2016 mendatang dalam Workshop dan Pembahasan Kurikulum Kewirausahaan Selasa (2/8), di Auditorium Untidar.
Kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah umum yang ada di Untidar. Kewirausahaan dianggap penting untuk semua bidang sebagai alternatif apabila para mahasiswa ingin keluar dari zona aman dengan berkarir di luar gelar kependidikannya kelak. “Tidak pandang siapa, semua dibangun jiwa wirausahanya,” tutur Rektor Untidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., dalam sambutannya. “Tidak harus jadi PNS, tidak harus jadi pegawai. Tapi setidaknya distributor, kalau bisa produksi,” tambahnya.

Cahyo Yusuf menyampaikan bahwa praktik mata kuliah Kewirausahaan diharapkan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing fakultas. Sepakat dengan hal itu, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., pun turut memberi tanggapan yang sepadan. Ia juga menambahkan bahwa berjualan bukan merupakan satu-satunya jalan untuk melakukan kegiatan berwirausaha. Kurikulum harus dikembangkan dengan mengarahkan bagaimana mahasiswa akan dapat menciptakan sesuatu sesuai dengan keahlian dan bidang yang telah dipelajarinya. Ia mencontohkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mampu mengeluarkan gagasan baru dari pikirannya yang nanti dapat menghasilkan pundi-pundi uang, begitu dengan fakultas lainnya.

Workshop yang berjalan kurang lebih empat jam tersebut, telah berhasil mengantongi beberapa masukan mengenai Rencana Pembelajaran Semester yang telah disampaikan oleh Ketua UPT KWU, Drs. Sri Bondan, M.Si sebagai pemateri I, ketika acara berlangsung. Seperti yang diketahui, Untidar merupakan universitas berbasis riset, sehingga pembenahan Kurikulum Kewirausahaan dirasa perlu sebab kewirausahaan tidak harus selalu tentang berjualan. Pembahasan mengenai kelanjutan Rancangan Pembelajaran Semester mata kuliah Kewirausahaan akan dibahas pada pertemuan workshop lainnya yang masih dalam pembicaraan kapan  akan terlaksana kembali. (Flo)

Tidak ada komentar:

Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com