Peserta memadati Meuforia Tech Expo, Kamis (17/11).


UNTIDAR - Meuforia Tech Expo diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum dr. H. R. Suparsono, Kamis (17/11). Pameran yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM FT-UNTIDAR) ini menampilkan sekitar tujuh puluh karya mahasiswa, yaitu karya mata kuliah Mekatronika, tugas akhir, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).


“Tujuan diadakannya pameran ini seperti temanya, yaitu student work for society. Maksudnya, karya mahasiswa yang berguna buat masyarakat,” jelas ketua pelaksana pameran, Angga Prasetya Herlambang.


Salah satu peserta pameran, Feri Hasan beserta kelima temannya membuat suatu inovasi berupa robot pembersih lantai berbasis platform Arduino dengan kendali smartphone.


“Motivasinya berangkat dari keresahan saya melihat kamar kos teman saya kotor, tapi mereka cuma nge-game aja. Jadi, mereka tetap bisa rebahan sambil membersihkan kosan. Ini pake Bluetooth,” ujarnya.

Para mahasiswa sedang memamerkan hasil karya robot pembersih lantai di salah satu stan, Kamis (17/11).


Inovasi lain datang dari tim mahasiswa peserta PKM yang memodifikasi kipas angin tanpa baling-baling. Kipas tersebut berbentuk tabung yang dapat menarik angin dari bawah untuk dikeluarkan melalui celahnya. Salah satu anggota tim, Muhammad Taufiqurrahman menyebutkan bahwa kipas ini lebih hemat daya. Ia juga berharap bisa melakukan inovasi lebih pada produknya.


Dayanya bisa ditambah, biar keluarnya (angin) lebih bagus. Kalau bisa ditambah LED sinar ultraviolet untuk bisa jadi perangkap nyamuk. Juga bisa diproduksi massal, jadi ‘kan bisa dikomersilkan,” jelasnya.


Pengunjung sedang memperhatikan stan dengan karya berbentuk logo UNTIDAR, Kamis (17/11).


Sekitar 600 pengunjung meramaikan acara pameran ini. Banyaknya produk inovatif yang dipamerkan tidak hanya menarik perhatian mahasiswa Fakultas Teknik, tetapi juga fakultas lainnya.


“Ini acaranya bermanfaat banget, kita yang notabenenya dari orang awam teknologi jadi tahu dan paham. Mahasiswanya juga menjelaskan secara sederhana, jadi mudah paham alat-alatnya. Inovasinya keren,” ujar Lili, salah seorang mahasiswa Ilmu Administrasi Negara.


Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara lainnya, Rahma melihat bahwa mahasiswa Fakultas Teknik bisa mengubah hal-hal yang ada di sekitar kita jadi bermanfaat.


“Harapannya, kreativitas mahasiswa ini didorong juga oleh universitas dan menteri pendidikan sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan,” tutupnya.


Ke depan, HMM FT-UNTIDAR masih menyelenggarakan kegiatan yang termasuk dalam rangkaian acara Meuforia.


“Pameran ini sendiri merupakan salah satu dari rangkaian acara Meuforia yang diadakan untuk memperingati ulang tahun Himpunan Mahasiswa Mesin. Nantinya, akan ada acara futsal pada 26 November dan inaugurasi pada 10 Desember,” kata wakil ketua Meuforia, M. Fauzan Nur Hidayat. (FAF/SN)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama