UNTIDAR – UKAI Ar-Ribath gelar Grand Opening Ramadhan di Kampus (GO-RDK) 2022 bertajuk “Menyambut Ramadhan dengan Memperkuat Keimanan” pada Jum’at, (01/04). Kegiatan ini adalah salah satu dari serangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK). Acara diikuti 90 peserta tergabung secara luring di Masjid Mamba’ul Ulum UNTIDAR dan daring melalui zoom meeting virtual. 


GO-RDK dilaksanakan guna menyambut dan mempersiapkan amalan pada bulan Ramadan sebagai upaya memaksimalkan ibadah. Kegiatan ini berisi pemaparan materi oleh Ustaz Dzaky Zamani. 


Kegiatan berjalan lancar hingga akhir meski sebelumnya sempat tertunda akibat menunggu pemateri hadir di lokasi. Ketua Panitia RDK 2022, Abdan Syakuro, mengungkapkan permohonan maafnya terkait kejadian tersebut. 


“Pertama-tama mungkin aku mengucapkan memohon maaf banget terkait kemunduran tadi dan kami memang tidak ada plan B, karena kami sudah memiliki ekspektasi pada mereka-mereka. Mulai dari pemberi sambutan, kemudian pemateri, insyaallah datang di awal waktu. Tapi kembali lagi, dari segi cuaca dan lalu lintas memang tidak bisa kita atur dan terjadi kemunduran waktu,” ungkapnya. 


RDK sendiri terdiri dari beberapa rangkaian, yaitu Grand Opening yang sudah terlaksana. RDK Berbagi yang berbentuk Iftar On The Road atau buka puasa di jalan dengan berbagi makanan dan Buka Bersama di Masjid setiap hari Kamis. Kegiatan ini mengundang teman-teman mahasiswa di lingkungan UNTIDAR untuk turut meramaikan masjid. Ramadhan With Muslimah yang merupakan program khusus bagi perempuan yang menargetkan mahasiswi di UNTIDAR. Nuzulul Qur’an yang akan berkolaborasi dengan takmir UNTIDAR dan UKM IQSAN. Dan yang terakhir adalah Penerimaan Zakat dan Donasi. Zakat merupakan bentuk tindak lanjut dari instruksi pengasuh takmir UNTIDAR. Target pemberi zakat adalah para pegawai di UNTIDAR. Donasi akan dilaksanakan sejak awal Ramadan secara intensif kepada dosen, mahasiswa, dan lembaga-lembaga amil zakat di luar universitas guna menyokong pendanaan program RDK Berbagi.


Muya, peserta delegasi dari UKM IQSAN, menyampaikan kesannya saat mengikuti GO-RDK 2022. “Seru, alhamdulillah. Ya, bermanfaat terkait dhawuh-dhawuh dari bapak ustaz yang sampun menyampaikan ilmunya, menjadi booster tersendiri karena untuk menyongsong besok Ramadan.” 


 Ia pun berharap semoga kegiatan seperti ini bisa istiqomah dan ketika mengajak organisasi, semua elemen organisasi di UNTIDAR turut menyemarakkan dan mendukung dengan menghadiri kegiatan tersebut.


Sejalan dengan Muya, Abdan juga mengharapkan adanya partisipasi dan kontribusi dari keseluruhan civitas academica di UNTIDAR, mulai dari mahasiswa hingga pegawai-pegawainya untuk bisa meramaikan masjid tanpa perlu diundang. 


“Karena memang bisa dibilang kita mengadakan ini tujuan utamanya yang pertama untuk mendapatkan rahmat Allah SWT dan yang kedua meramaikan masjid. Mudah-mudahan dengan kita meramaikan masjid di situ sebagai tempat untuk mendapatkan ladang amal,” ucapnya.

 

Selain itu, ia juga berharap pada kegiatan-kegiatan selanjutnya dari teman-teman peserta bisa membantu dalam berdonasi. “Karena mungkin bisa dibilang ketika teman-teman berdonasi, dana yang disalurkan insyaallah sudah jelas untuk apa. Kami juga insyaallah amanah dalam mengaplikasikan dananya tersebut serta bisa merasakan nanti manfaatnya,” pungkas Abdan. 

(DOW/FW)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama