Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Minggu, 05 Maret 2017

Harga Bawang Kian Melejit

Harga Naik: Berbagai bahan kebutuhan pangan pokok di Pasar 
                       Cacaban Magelang mengalami kenaikan harga.(Mata Photos)
Magelang – (23/2) Bawang Merah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi seluruh masyarakat, akan tetapi kini bawang merah mengalami kenaikan harga yang cukup drastis. Di Pasar Cacaban Magelang, harga bawang merah mencapai Rp 40.000/kg padahal sebelumnya harga bawang merah hanya Rp 28.000/kg. Kenaikan ini disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga bawang merah tidak bisa panen dengan maksimal.
‘’Harga bawang merah  bukan hanya naik saja, akan tetapi harganya kini kian melejit, cuaca yang tidak menentu merupakan penyebab paling utama, tetapi alhamdulillah harga telur, gula, dan beras naik turunnya stabil,” kata Asmiati, seorang pedagang sembako.
Kenaikan harga yang cukup drastis hanya terjadi pada bawang merah. Berdasar survei lapangan, berikut merupakan harga sembako di Pasar Cacaban Magelang :
Nama Sembako
Harga Awal
Harga Sekarang
Gula Jawa
Rp 15.000/kg
Rp 14.000/kg
Minyak
Rp 12.000/liter
Rp 13.000/liter
Telur
Rp 17.000/kg
Rp 17.000/kg
Bawang Merah
Rp 28.000/kg
Rp 40.000/kg
Bawang Putih
Rp 36.000/kg
Rp 35.000/kg
Gula Pasir
Rp 13.000/kg
Rp 12.500/kg
Beras
Rp 10.000/kg
Rp 10.000/kg

“Kenaikan dan penurunan harga sembako terjadi sewaktu-waktu, kami tidak bisa memprediksi kapan harga-harga sembako naik atau turun karena cuaca sekarang ini tidak menentu,” kata Asmiati.
Ketidakpastian kenaikan dan penurunan harga sembako membuat pedagang resah karena harga yang semakin tinggi  sangat mempengaruhi penjualan barang dagangan. Penurunan pada pembeli pun tidak bisa dipungkiri lagi karena harga sembako khususnya bawang merah melejit.
Peningkatan harga pada bawang merah yang terbilang tinggi ini juga membuat sebagian pembeli mengeluh. Pembeli sangat kecewa akan kenaikan bawang merah dan mereka berharap harga bawang merah segera stabil kembali seperti semula. “Semuanya serba susah, harga kebutuhan pokok naik, kan beban kehidupan saya lebih berat,” keluh Soemarni, seorang pembeli. (R/WD)

Tidak ada komentar:

Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com