UNTIDAR - Menghadapi dunia kuliah yang identik dengan penjurusan, setiap orang harus sudah menentukan langkah apa yang harus diambil. Namun, tak jarang hal ini menimbulkan dilema pelik antara hati dan pikiran. Menyikapi  permasalahan tersebut, lembaga perguruan tinggi banyak mengadakan berbagai macam promosi jurusan yang dapat diambil oleh calon mahasiswa baru. Universitas Tidar (Untidar) sebagai salah satu perguruan tinggi yang tengah menyongsong permasalahan tersebut, ikut andil dalam menyikapi problematika pengetahuan mengenai jurusan di bangku perkuliahan. Pameran jurusan bertajuk “Paramasakti 2024” dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Untidar di GKU Dr. H.R. Suparsono (27/5). Disambut antusias oleh para peserta maupun pengunjung, acara bertema “Bersatu Terangi Bangsa: Dari Inspirasi Menjadi Aksi Nyata” ini terdiri dari serangkaian acara berupa pameran jurusan, lomba LKTI, dan seminar yang dilaksanakan serentak mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

 

Kegiatan yang ditujukan bagi para siswa tamatan 2024 ini, dilatar belakangi oleh banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan. Pameran jurusan digelar sebagai ajang promosi sekaligus jalan bagi para siswa untuk mengetahui lebih dalam jurusan yang diminatinya. Mengundang sekolah-sekolah dalam lingkup Kota dan Kabupaten Magelang, Paramasakti diharapkan dapat memberikan bekal yang membantu calon mahasiswa baru untuk menentukan jurusan. Bersamaan dengan itu, seminar dengan bahasan utama “pentingnya public speaking dalam personal branding" menjadi salah satu topik yang relevan bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk mencapai Indonesia emas.

 

Menjadi acara tahunan, Rayendra selaku ketua pelaksana mengaku berharap akan selalu ada gebrakan baru pada acara Paramasakti di tahun-tahun berikutnya. Tak main-main, acara ini juga turut mengundang Walikota Magelang, TNI, dan Kapolres Magelang Kota. Walikota diwakili Parjopo selaku sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, mengapresiasi Untidar. “Kami sangat merindukan Magelang mempunyai perguruan tinggi kelas dunia. Tadi sudah disebut pak rektor kalau Untidar sudah mulai menasionalkan. Walaupun kenegeriannya lebih lambat dari yang lain, tapi dengan teknologi pasti bisa dicapai. Dengan segala kemampuan, kesempatan, kerja sama, kreativitas, semangat sivitas akademika, saya rasa semua bisa dilakukan oleh Untidar untuk menjadi perguruan tinggi  terbaik di nasional kedepannya”, ujarnya.

 

Menyambut hangat Paramasakti 2024, Program Studi Pariwisata Universitas Tidar mengaku acara seperti ini amat dibutuhkan untuk ajang promosi program studi baru. “Acara ini dibutuhkan oleh prodi-prodi baru, terutama di Universitas Tidar. Kalau bisa acara seperti ini diperbanyak karena jujur membantu memperkenalkan Prodi Pariwisata ke khalayak umum, kepada teman-teman dari Universitas Tidar maupun teman-teman dari SMA” pungkas Hakim, salah watu mahasiswa Program Studi Pariwisata Untidar.

 

Pada dasarnya, tak hanya mempromosikan berbagai jurusan bagi calon mahasiswa baru, kegiatan pameran ini juga digunakan untuk mempromosikan tiap jurusan pada warga Untidar. Sebab, tidak jarang juga ditemui beberapa mahasiswa yang masih belum mengetahui adanya program studi baru di Untidar.

 

Menilik bahwa banyak khalayak yang masih belum tahu detail dari suatu program studi, Paramasakti 2024 dapat menjadi wadah bagi siswa hingga mahasiswa untuk mengenal lebih dekat bagaimana setiap program studi yang dimiliki dalam lingkup Universitas Tidar.

 


Redaktur:

Restiana Setia Ningrum

Alvina Regita

Editor: Citrawati Nur Feby Dinata

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama