Sumber: Dokumen peserta KKN 2021

Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNTIDAR sudah di depan mata. Berdasarkan kalender akademik tahun 2022/2023, KKN UNTIDAR akan diselenggarakan dalam dua periode, yaitu pada 11 Juli-12 Agustus 2022 dan 2 Januari-3 Februari 2023. Sementara itu, pendaftaran KKN UNTIDAR tersebut telah dilakukan pada 16 Juni hingga 25 Juni 2022. 

Mengingat waktu pelaksanaan KKN yang makin dekat, antusiasme mahasiswa peserta KKN dalam mencari dan menanti informasi seputar KKN pun kian menjadi. Terlebih, KKN kali ini adalah KKN Reguler, bukan lagi KKN Tematik seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Berdasarkan hasil audiensi jilid dua BEM dan DPM KM UNTIDAR  dengan Koordinator Bidang Administrasi dan Pelaporan Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPM-PMP) UNTIDAR selaku koordinator KKN UNTIDAR tahun ini pada Selasa (21/06), disebutkan bahwa pembekalan tingkat universitas akan dilaksanakan pada 6-7 Juli 2022. Kendati demikian, tak sedikit peserta KKN Reguler yang belum memahami betul bagaimana mekanisme pelaksanaan KKN Reguler di UNTIDAR. Bahkan hingga kini belum ada pula pembagian kelompok dan tempat untuk pelaksanaan KKN Reguler itu. 

Dwi Rahayu, salah satu peserta KKN Reguler UNTIDAR periode Juli, mengatakan bahwa selama ini masih banyak mahasiswa yang kebingungan mengenai informasi KKN. 

"Informasi terkait KKN yang tersebar ke mahasiswa kurang begitu jelas, sehingga banyak mahasiswa yang masih bertanya-tanya dan merasa kebingungan, terkadang juga pihak program studi masih kebingungan menanggapi pertanyaan," ujar mahasiswi Pendidikan IPA 2019 itu. 

Jarak pembekalan yang relatif dekat dengan pelaksanaan KKN Reguler, mengakibatkan kekhawatiran peserta jika nantinya kurang mempersiapkan KKN Reguler dengan maksimal. 

Menurut Dwi, dalam penyebaran informasi terkait KKN Reguler, sebaiknya penyelenggara membuat sosialisasi mengenai bagaimana pelaksanaan KKN Reguler jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan agar persiapan dari peserta lebih maksimal.  

Senada dengan Dwi, hal itu juga dirasakan oleh Nurul, peserta KKN Reguler program studi Akuakultur angkatan 2019. 

"Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kelompok KKN dan tempat KKN yang pasti. Selain itu, saat ini masih minim informasi mengenai mekanisme KKN tahun ini, sehingga ditakutkan menyebabkan persiapan kurang maksimal," ungkapnya. 

"Saran saya, pihak kampus memberikan informasi lebih cepat (tidak dadakan) dan bisa diundur dikit waktu pelaksanaannya agar tidak mepet dengan lebaran haji, misalnya 2-3 hari setelahnya, " imbuhnya. 

Sembari menanti informasi lanjut terkait KKN Reguler dari kampus, hal non teknis seperti kesanggupan, kesehatan, dan finansial mulai dipersiapkan. 

"Sudah saya siapkan yakni kesehatan saya, mulai dari pikiran, mental, dan tenaga sambil menunggu tindak lanjut dari kampus terkait informasi KKN," pungkas Dwi Rahayu.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama