Kondisi jembatan penghubung antar desa putus terbawa arus sungai di Dusun Dukuh, Bumirejo, Mungkid, Kabupaten Magelang.

MAGELANG - Jembatan penghubung desa di Dusun Dukuh, Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, terputus Selasa, (26/1). Arus sungai tinggi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Magelang mengakibatkan jembatan penghubung desa tersebut terbawa arus.

Selain itu, usia jembatan yang dibangun pada tahun 1992 dan pondasi jembatan yang rapuh turut menjadi penyebabnya. Material pembangun jembatan tampak habis terbawa derasnya arus sungai sedangkan bangunan utama jembatan masih berdiri, meski kondisinya ambles. Warga memasang penghalang jalan sebagai tanda jembatan tidak bisa diakses baik warga maupun kendaraan.

Salah seorang warga setempat mengatakan bahwa hujan deras semalaman memicu arus sungai meninggi sehingga menyebabkan jembatan di Dusun Dukuh putus terbawa arus sungai. "Tadi malam sekitar jam 22.00, alhamdulillah tidak ada korban karena kebetulan tidak ada yang sedang lewat di sana. Tetapi di seberang jembatan masih ada sekitar 10 rumah penduduk," ujar Shinta (19).

Meskipun tidak ada korban jiwa, warga mengaku dampak jembatan putus berakibat pada akses jalan harus memutar sejauh 3 km sehingga memakan waktu lebih lama. Warga berharap, pemerintah daerah segera memberi perhatian dan membangun ulang jembatan sehingga mobilitas warga dapat berjalan lancar dan kembali normal. (L)

 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama