Kondisi tanah longsor di  Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang 

MAGELANG – Tanah longsor yang meruntuhkan tebing setinggi 25 m terjadi di Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang pada Selasa, (26/1). Hal ini disebabkan oleh intensitas hujan yang cukup lebat. Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Magelang terjun langsung ke tempat kejadian guna memberikan pertolongan lebih lanjut.

Intensitas hujan sedang hingga lebat menyebabkan tebing longsor dan membawa material rumpun bambu hingga menimpa tiga rumah warga. “Salah satu rumah warga mengalami rusak ringan dan dua diantaranya mengalami rusak berat. Selain itu, empat orang warga mengalami luka-luka langsung dibawa ke Puskesmas oleh Kadus setempat,” ujar Saher, relawan Adisurya Magelang.

Di sisi lain, kerugian material juga dirasakan oleh warga akibat tertimbunnya satu unit mobil dan satu unit sepeda motor yang terparkir di sekitar tempat kejadian serta beberapa hewan ternak milik warga.

Hingga kini, Rabu (27/1) tim PMI bersama warga masih membersihkan sisa-sisa kerusakan akibat longsor. Bantuan lain yang diberikan oleh tim PMI berupa penyediaan dapur umum dan fasilitas kesehatan guna meringankan beban warga yang terdampak longsor.

Tindak lanjut terkait perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan, baik ringan maupun berat belum dapat diketahui secara pasti. Selain itu, belum ada pemberitahuan terkini mengenai ada tidaknya bantuan dari perangkat desa atau pemerintah daerah Kabupaten Magelang. (NH/NK)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama