Webinar Sosialisasi PHP2D


UNTIDAR - Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (BEM Fisipol) Universitas Tidar (UNTIDAR) menyelenggarakan webinar lokakarya dan pengenalan produk PHP2D bertema “Pengembangan UMKM Guna Meningkatkan Produktivitas melalui Pemanfaatan Kearifan Lokal” secara daring melalui zoom meeting dan kanal youtube BEM Fisipol UNTIDAR pada Minggu, (6/12).

Webinar yang merupakan salah satu dari serangkaian acara Tim PHP2D yang lolos pendanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini dihadiri secara virtual oleh Rektor UNTIDAR, Dekan Fisipol, kedua narasumber dari UPT PKPP UNTIDAR, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kota Magelang, serta 199 peserta webinar lainnya.

Kegiatan webinar dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut sambutan dari Dekan Fisipol. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sri Suwitri berharap agar mahasiswa lain dapat meniru perjuangan dari Tim PHP2D tersebut dalam memajukan UMKM dari kearifan lokal. Ia juga menambahkan supaya ke depannya mahasiswa dapat menciptakan lapangan kerja dan berkreasi dalam meningkatkan daya saing di tingkat global.

“Harapannya, PHP2D menjadi program holistik yang benar-benar membina UMKM sehingga mereka dapat eksis di tengah dunia yang persaingannya ketat serta nantinya membuat kalian sendiri memiliki daya saing di dunia kerja. Ciptakan lapangan kerja, usaha kerja, dan berkreasi serta berinisiatif dalam meningkatkan daya saing di tingkat global,” jelas Dekan Fisipol dalam penutupan sambutannya.

Sambutan kedua disampaikan oleh Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. yang turut memberikan ucapan selamat atas pencapaian dari Tim PHP2D BEM Fisipol UNTIDAR. “Selamat dan sukses atas pencapaian yang saudara-saudara peroleh. Ini adalah bukti bahwa saudara-saudara bisa.”

Acara dilanjut dengan pengenalan kegiatan dan produk PHP2D BEM Fisipol yakni kerupuk kulit ikan di Kelurahan Magelang. Sie acara memulai dengan penayangan video serta PowerPoint berisi kegiatan PHP2D yang telah terlaksana. Dalam pengenalan produk kerupuk kulit ikan, disampaikan bahwa produk ini memiliki merek “KREZAN, Kresnya Bikin Kerazan” dan inovasi kemasan yang unik atas saran dari Nike Mutiara Fauziah selaku pembina Tim PHP2D BEM Fisipol.

Kegiatan dilanjut dengan penyampaian materi dari dua narasumber yakni dari UPT PKPP UNTIDAR, Luciana Rita Indrawati. Ia menyampaikan mengenai peran perguruan tinggi dalam pengembangan UMKM yakni secara makro yang tertuang dalam visi misi kementerian melalui universitas dengan adanya UPT PKPP, dan mikro dengan cara berkolaborasi dengan mahasiswa baik individu maupun organisasi. Penyampaian materi kedua disampaikan oleh DISPERINDAG Kota Magelang, Sunaryanto, S. E., mengenai strategi pengembangan UMKM.

Kegiatan webinar lokakarya dan pengenalan produk ini diharapkan oleh ketua Tim PHP2D, Lisa Ananda Carolina, agar dapat memperkenalkan produk kulit ikan PHP2D BEM Fisipol serta berharap agar pengetahuan masyarakat mengenai produktivitas pemanfaatan potensi lokal dan pengembangan UMKM dapat meningkat. (KH/NA)

 

Reporter : Hesti dan Nafis

Editor : Fitriani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama