Sumber: Dokumentasi Pribadi

MAGELANG - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut Car Free Day (CFD), bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Di Magelang, kegiatan Car Free Day diadakan di lapangan Rindam IV Diponegoro. Lapangan ini menjadi satu dari berbagai pilihan warga Kota Magelang untuk refreshing sekaligus olahraga pagi. Selain menjadi sarana olahraga, lapangan Rindam IV Diponegoro juga menghadirkan stan-stan jajanan sebagai pilihan masyarakat untuk mengisi energi setelah berolahraga.

Di lapangan Rindam IV Diponegoro juga terdapat beraneka ragam wahana olahraga. Bagian tengah lapangan terdapat lintasan lari, baik berbentuk oval untuk sekadar jogging santai maupun lintasan lurus untuk berlatih lari sprint. Ada juga obstacle yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melatih kelincahan.

Risma dan Darwati, pengunjung Car Free Day, cukup sering datang ke lapangan Rindam IV Diponegoro untuk sekadar jajan maupun lari santai. “Saya biasanya kesini hanya sekadar lari atau jajan-jajan,” ujar Risma.

“Saya lumayan sering kesini, biasanya sama teman-teman cuma muter-muter mencari jajan,” ujar Darwati. Mereka menambahkan, suasana di lapangan Rindam IV Diponegoro seru dan fasilitasnya memadai untuk berolahraga.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

   Car Free Day (CFD) biasanya diadakan setiap Minggu mulai pukul 06.00 sampai 11.00 WIB. Hal ini dipertimbangkan untuk menarik minat masyarakat karena suasana yang masih sejuk dan cocok untuk berolahraga.

   Rafi, salah seorang pengunjung yang cukup sering berolahraga di lapangan Rindam IV Diponegoro, memberikan saran untuk dilakukan perbaikan pada lintasan yang ada. “Lapangannya, lah, dibenerin lintasannya,” ungkapnya. (SM/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama