UNTIDAR-Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar telah menyelenggarakan kegiatan “Kelas Public Speaking dan Table Manner” di Hotel Atria, Rabu (10/5). Fitria Khairum Nisa selaku dosen pengampu mengatakan kegiatan ini seharusnya dijadwalkan setiap tahun, namun setelah kegiatan pertama yang dilaksanakan pada tahun 2019, kegiatan ini tidak dilaksanakan pada tahun berikutnya dikarenakan pandemi Covid-19 dan baru terlaksana kembali tahun ini. 

    Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Jurusan Ilmu Komunikasi yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa agar tidak hanya belajar cakupan teori di kelas saja, namun juga memberikan kesempatan untuk merasakan langsung bagaimana table manner yang sesungguhnya, guna menunjang kemampuan para mahasiswa ketika terjun ke dunia kerja.

    Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 sampai 12.30 WIB yang diawali dengan pemaparan materi Public Speaking oleh Sasmiati Satya Widyastuti, S.H. selaku Direktur LKP SAS Center. “Public Speaking adalah seni berbicara didepan umum atau khalayak dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau mempengaruhi,” ungkapnya. Pada pemaparannya, beliau juga menjelaskan cara menjadi Public Speaker yang baik. 

    Pemaparan materi Table Manner juga disampaikan oleh Kurniawin Syarifuddin selaku Food and Beverage Manager Hotel Atria. “Table manner merupakan etiket makan untuk menikmati makanan dan minuman pada saat berada di meja makan,” ungkapnya. Beliau juga menjelaskan tata cara dan aturan dalam table manner yang baik dan benar.

    Kegiatan ini mendapatkan kesan yang positif dari para mahasiswa. “Kesannya manyenangkan, karena banyak hal baru yang dipelajari. Terus rame juga, antusiasme temen-temen juga luar biasa dalam mengikuti acara dari awal sampai akhir. Acaranya juga ga membosankan,” ujar Hafidha dan Rasyid, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Mereka juga berharap acara seperti ini dapat diadakan lagi kedepannya, agar para mahasiswa yang belum memiliki kesempatan mengikuti kegiatan kali ini dapat merasakannya juga, serta dapat bermanfaat ketika terjun ke dunia kerja. (SM/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama