Sesi diskusi oleh narasumber dan moderator



UNTIDAR – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Tidar (HIMATIKA UNTIDAR) menyelenggarakan Diskusi Bebas (DISBES #1) 2021 dengan “Tema : Suka Duka Maba Tanpa Kampus” melalui live instagram @himatika.untidar, Sabtu, (20/3). Acara ini merupakan sarana berdiskusi keluh kesah mahasiswa baru Prodi Pendidikan Matematika 2020. Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa baru dapat menemukan solusi kesulitan selama menjalani dunia baru di kampus.

Acara ini dipandu oleh moderator Nurvian Santri Alim, Staff Divisi Kastrat Himatika 2021 dan narasumber Tsania, mahasiswa baru Pendidikan Matematika UNTIDAR 2020. Ia mengatakan bahwa ada beberapa tujuan diadakannya Diskusi Bebas ini, yaitu berdiskusi antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama terkait permasalahan kuliah daring.

Dalam diskusi, mahasiswa baru mendapatkan pengalaman atau gambaran keadaan kuliah saat luring dari mahasiswa lama. Selain itu, mahasiswa lama juga bertukar pikiran apa yang terjadi saat perkuliahan daring dari mahasiswa semester baru.

“Selama mengikuti perkuliahan online mengalami suka dan duka, misal untuk sukanya bagi kaum perantauan seperti sebuah anugerah karena tidak harus di kos dan mengalami homesick, kemudian dukanya yaitu saat memahami materi tidak dapat leluasa karena terkendala sinyal dan sarana prasarana lainnya, dan juga komunikasi antar teman saat mendapatkan tugas kelompok tak jarang sering terjadi miss communication. Itulah mengapa syarat maksimal semester berbeda antara mahasiswa ormawa dan non ormawa,” tutur Tsania, terkait perkuliahan saat pandemi.

            Saat ini mahasiswa baru banyak mengalami kesulitan saat mengikuti kuliah daring, mereka berharap bebas agar pandemi segera berakhir agar kuliah berjalan semestinya saat sebelum pandemi. (IM/SDS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama