Foto: Adyt Alkautsar

Sudah menjadi rahasia umum jika Magelang memiliki begitu banyak tempat wisata bertemakan alam, salah satunya wisata Gunung Tidar. Uniknya, wisata alam Gunung Tidar terletak tepat di tengah-tengah Kota Magelang, tepatnya di Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Sebenarnya Gunung Tidar tergolong bukit karena hanya memiliki tinggi berkisar 503 meter di atas permukaan laut. Namun, masyarakat sekitar terbiasa menyebutnya sebagai gunung hingga kini dipakai oleh semua orang. Gunung Tidar ditumbuhi pepohonan pinus dan salak serta pohon beringin yang lebat.

Masyarakat perkotaan tentu merindukan udara bersih dan sejuk serta pemandangan segar seperti pepohonan. Umumnya di perkotaan identik dengan udara yang kotor dan pemandangan yang membosankan karena gedung pencakar langit memenuhi kawasan. Guna menikmati udara sehat biasanya mereka pergi ke kawasan pegunungan jauh di luar kota. Akan tetapi, keuntungan masyarakat Kota Magelang adalah bisa menikmati daerah pegunungan di tengah kota. Bahkan akses ke wisata tersebut terjangkau oleh kendaraan. Selain itu,  banyak pohon besar disinyalir dapat mengurangi pencemaran udara akibat polusi kendaraan di sekelilingnya.

Nilai plus berwisata Gunung Tidar selain menikmati udara segar dapat juga berziarah. Dulunya, Gunung Tidar lebih dikenal dengan wisata spiritualnya. Hal ini berkenaan dengan terdapatnya tiga buah makam keramat di puncak gunung. Makam tersebut diantaranya milik Kiai Sepanjang, Kiai Semar, dan juga makam milik Pangeran Purbaya yang berbentuk pohon beringin besar.

Pada puncak Gunung Tidar terdapat prasasti setinggi dua meter berbentuk tugu segi empat yang disebut Tugu Pancen. Di tiga sisi tugu terdapat huruf aksara jawa yang sama-sama berbunyi sa dan satu sisi lagi memiliki lambang burung garuda. Tugu Pancen ini dipercaya sebagai titik pusat Pulau Jawa atau paku alam Pulau Jawa.

Selain itu, terdapat pula beragam tradisi warisan leluhur, salah satunya tradisi Slametan Puser Bumi yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Namun, seiring berjalannya waktu Gunung Tidar kini difungsikan sebagai tempat wisata rekreasi dan olahraga, tempat penelitian serta telah dijadikan kawasan kebun raya.

Selain strategis dan unik, biaya untuk masuk ke kawasan Gunung Tidar tergolong murah hanya Rp3.000 saja. Tidak perlu merogoh saku yang banyak. Pada puncak wisata ini terdapat stan makanan. Bagi pengunjung yang merasa kelelahan menaiki tangga yang cukup tinggi ini dapat berkunjung ke stan yang tersedia. Bahkan, toilet juga tersedia meskipun berada di puncak gunung. Wisata terunik Kota Magelang hanya di Gunung Tidar. (NH/N) 

Dibuat oleh : Nida Hamidah (MG1334) dan Ninin (MG1337) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama