fotografer : Hesti

 Keunikan tidak selalu tentang kemewahan. Bisa jadi hal yang sederhana dan tak terduga mengundang rasa penasaran, contohnya saja sebuah jembatan. Eitss…. ini bukan jembatan sembarangan, sebut saja Jembatan Kaliprogo Mlagen. Sebenarnya jembatan ini adalah jembatan penghubung antara kota dan Kabupaten Magelang. Namun sebagian besar bagiannya terletak di Desa Mragen Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. 

Sebelum jembatan itu dibangun, warga Desa Mlagen harus berputar melewati jembatan utama sebagai akses jalan yang bisa dibilang cukup jauh untuk menuju Kota Magelang, sudah dipastikan mereka akan menguras tenaga serta lumayan menghabiskan waktu. Padahal sebenarnya kota magelang terletak disebrang sungai. Selain itu, mereka juga memakai getek (rakit) sebagai akses untuk menyerangi sungai, tetapi banyak resiko menghantui jika musim penghujan datang. Lalu terdapat inisiatif dari warga Desa Mlagen  untuk memanfaatkan Kaliprogo sebagai sarana untuk menyingkat jarak menuju kota magelang. Disamping itu, banyak warga mragen menginginkan anak-anak mereka mendapatkan pendidikan di Kota Magelang. Barulah pada tahun 1995 warga saling bahu membahu membuat jembatan gantung penghubung antara kabupaten dan Kota Magelang yang terbuat dari kayu yang kokoh. Jembatan penghubung ini disebut dengan Jembatan Kaliprogo Mlagen.
Untuk melewati jembatan ini, biasanya warga membayar seikhlasnya di loket yang berada di ujung jembatan. Pembayaran loket ini digunakan untuk modal swadaya masyarakat mragen  dalam perawatan jembatan. 

Kira-kira butuh waktu 10-15 menit dari Universitas Tidar untuk menuju lokasi dengan cara berjalan kaki melewati akses Desa Dumpoh Kota Magelang. Saat perjalanan menuju Kaliprogo Mlagen kita disuguhi jalan yang masih asri. Melewati pohon bambu yang melintang seperti membentuk terowongan alami dan banyak menjulang tinggi mengantarkan kita menuju ke lokasi jembatan. Pastinya dalam perjalanan tidak akan merasa gerah walaupun suasana sedang kemarau. 

Setelah tiba di Jembatan Kaliprogo Mlagen mata kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah di tepian sungai. Terhampar sawah hijau serta pepohonan yang rindang di sana, serta aliran sungai yang arusnya tenang menjadi daya tarik orang-orang untuk menjadikan jembatan ini sebagai tempat berfoto-foto ria. Tak jarang pula, jembatan ini dijadikan spot untuk melakukan pra wedding. Biasanya untuk foto pra wedding dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000,00. Nah untuk kalian yang ingin foto di tempat yang instagramable bisa mencoba datang ke Jembatan Kaliprogo Mlagen ini.

Karya : Aulia Rifa Urbah (MG1210) Kisna Hesti Ningrum (MG1235)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama