Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Kamis, 16 Maret 2017

MENIKMATI PESONA CANDI IJO

Candi Ijo: candi tertnggi di yogyakarta. (Sumber: Google)
Sang surya tengah berada persis di atas kepala, tapi hal itu tak menyurutkan semangat para wisatawan untuk sampai di Candi Ijo yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Ijo menawarkan banyak hal untuk dinikmati oleh pandangan mata. Mulai dari bandara Adi Sutjipto hingga Pantai Parangtritis. Semua itu dapat kita saksikan ketika cuaca cerah. Tak ketinggalan, berhektar-hektar sawah pun ikut ambil bagian dalam keindahan ini, seolah menggambarkan bahwa Indonesia memang negara agraris. Akan tetapi, jika tertutup mendung maka hanya pemandangan berhektar sawah dan pesawat yang lepas landas atau mendarat yang terlihat.
Berada tak jauh dari Tebing Breksi, obyek wisata yang tengah hits, Candi Ijo tersebut dibangun antara abad 10 hingga 11 Masehi pada zaman Kerajaan Medang periode Mataram. Dinamakan Ijo karena berada di punggungan bukit yang bernama Gumuk Ijo atau Bukit Ijo dan telah tertulis di Prasasti Poh berangka tahun 906 Masehi berbahasa Jawa Kuno.
Candi Ijo terdiri dari empat candi dengan candi utama menghadap ke barat yang merupakan candi terbesar di antara yang lainnya. Sedangkan tiga candi yang lain berukuran lebih kecil menghadap ke  arah candi utama, yaitu menghadap ke arah timur. Candi Ijo merupakan candi yang bercorak Hindu.
Perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai di candi yang berada di kawasan perbukitan Batur Agung ini tidaklah mudah.  Karena memang berada di kawasan perbukitan, tentu saja jalanannya menanjak. Oleh karena itu, pastikan kendaran yang kita tumpangi dalam keadaan baik. Tak hanya itu, terdapat beberapa lubang di jalanan yang mengharuskan kita berhati-hati. Meski demikian, semua tantangan dalam perjalanan akan terbayarkan ketika kita sampai di Candi Ijo. Harga yang kita dapatkan ialah pemandangan alam yang sangat luar biasa dari ketinggian 425 mdpl. Apa yang tertangkap oleh mata kita akan membuat kita lebih bersyukur akan ciptaan Tuhan.

Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk dapat memasuki kawasan Candi Ijo. Cukup dengan Rp 5000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,- untuk wisatawan mancanegara. Harga yang sepadan untuk banyak hal yang didapat dalam satu tempat dan satu waktu. Jadi tunggu apalagi? Mari berwisata ke Candi Ijo! Lets save our cultural heritage! (HAI)

Tidak ada komentar:

Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com