Responsif, Progresif, Produktif


Breaking News

welcome

Selamat Datang di website Resmi LPM MATA UNTIDAR | Salam Pers Mahasiswa | update terus di www.lpmmata.com | Kunjungi official account kami | Instagram: @lpmmata_untidar | Youtube: LPM MATA UNTIDAR

Selasa, 07 Maret 2017

Keseruan Wisata Kali Gending


Sumber: Mata Photos.
Kota Magelang yang terkenal dengan julukan Kota Sejuta Bunga merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya cukup strategis karena Kota Magelang menjadi jalan utama antara Jogja-Semarang. Meskipun disebut sebagai kota kecil, objek wisata yang disajikan di kota ini cukup banyak dan komplet. Jika kalian mampir atau liburan ke Kota Magelang, kalian akan menemukan banyak sekali tempat wisata yang siap memanjakan mata. Terutama bagi kalian yang suka main air, ada tempat yang sangat cocok untuk kalian sambangi. Kali Gending, begitulah biasanya orang menyebutnya. Wisata sungai tersebut terletak di Jalan Ganjuran, Dusun Ganjuran, Kec. Mertoyudan, Sukorejo, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.


Lokasi Kali Gending tidak jauh dari Kota Magelang, bahkan bisa dibilang dekat dan strategis. Jadi untuk kalian yg ingin berkunjung tidak perlu takut tersesat. Jalan menuju Kali Gending dapat ditempuh dari dua arah, yakni dari arah Glagah Mujen dan dari arah Japunan (Jl. Glagah-Japunan). Jalan tersebut merupakan jalan menuju Kota Magelang. Jalur yang dilalui pun tidak sulit karena tak ada tanjakan tajam bahkan jalannya tak ada yang rusak.
Kali Gending ini sudah ada sejak zaman dahulu. Sumber mata airnya sangat jernih dan masih terlihat alami. Banyak warga yang memanfaatkannya untuk dikonsumsi dan digunakan untuk mandi. Kejernihan air yang terjaga dan suasana pedesaan yang masih natural dengan warga yang begitu ramah dapat mengobati rasa penat dan lelah. Air yang selalu berganti dan mengalir terus menerus ini memang menyegarkan badan. Kalian juga dapat berfoto di dalam air karena airnya sangat jernih sampai dasarnya dapat terlihat.
Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini antara lain: mushola, warung makan, tempat ganti pakaian, dan juga tempat parkir. Lokasi Kali Gending ini terbagi menjadi tiga sekat, pertama untuk laki-laki, kedua untuk wanita, dan yang ketiga untuk campuran.
Bagi kalian yang suka memancing, di Kali Gending terdapat banyak ikan Gabus yang bisa kalian lempari umpan. Tapi ingat, jangan sekali-kali pakai racun dan seterum ya, karena kita harus melestarikan alam. Sedangkan bagi kalian yang memiliki hobi main air, kalian bisa berenang di Kali Gending sepuasnya dan bisa juga tubing memakai ban mobil bekas atau dengan menggunakan gedebog pisang.
Sumber: Mata Photos.
Kegiatan tubing akan lebih seru apabila mengajak teman-teman atau keluarga  kalian, karena saat melakukan tubing, posisi ban akan ditata seperti kereta berdasarkan rombongan. Sepanjang perjalanan, kalian akan dimanjakan dengan hijaunya sayur kangkung yang terletak di sepanjang aliran sungai yang kalian lewati. Warga di sini banyak yang menjadi petani kangkung karena tempat ini memang cocok untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Namun ada juga rintangan yang menghadang saat melakukan tubing yaitu terdapat bambu di atas air berjarak 30 cm, yang harus mampu kalian lewati tanpa tersangkut maupun terbalik dari ban. Di perjalanan, kalian juga akan diperlihatkan kincir air yang digunakan warga untuk mengairi kolam ikan dan sawah. 

Jika kalian hanya berenang, maka kalian tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, untuk tubing kalian harus merogoh saku. Tapi jangan khawatir karena biayanya cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 35.000/orang. Selain asik dan menarik, tubing merupakan wisata yang sedang hits dikalangan remaja. Dengan biaya tersebut kalian dapat menikmati pemandangan yang indah sekaligus bisa jadi mengingatkan kalian akan kenangan masa kecil. Jadi tunggu apa lagi? Ayo berwisata ke Kali Gending! (3W)

Tidak ada komentar:

Copyright© 2016 Designed By Fery Firmanda.. FeryZone dot Com